• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 27 November 2021

     
    Home   »  Gaya Hidup
     
    5 Cara Mengontrol Mimpi
    ANA DEA | Selasa, 30 Desember 2014 | 10:00 WIB            #GAYA HIDUP

    5
    Ilustrasi

     

     
    FLOBAMORA.NET - Mimpi yang indah berpengaruh positif bagi kesehatan. Bukan hanya membuat kita lebih bersemangat di pagi hari, tapi mimpi indah juga bisa meningkatkan produktivitas. Bandingkan jika tadi malam kita bermimpi buruk.

    Memang kita tak bisa memilih akan bermimpi apa nanti malam. Tapi, menurut para ahli tidur ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat pikiran kita lebih tenang sehingga tidur pun nyenyak. Nah, berikut ini 5 cara yang bisa kita lakukan.

    1. Perhatikan makanan dan minuman
    Sebaiknya hindari konsumsi kopi di siang hari dan malam hari. Sebuah studi menyebutkan, minum kopi 6 jam sebelum tidur bisa mengubah pola tidur dan juga memicu mimpi buruk.

    Selain itu, hindari pula makan 3 jam menjelang tidur, terutama makanan yang berlemak dan pedas. "Jika Anda makan terlalu larut, tubuh kita masih bekerja keras untuk mencerna dan memproses makanan. Akibatnya lebih sulit untuk tidur dan bermimpi," kata Jenny Giblin, pakar kesehatan dan wellness.

    2. Rapikan kamar tidur
    Ruangan yang rapi dan bersih berarti juga lingkungan yang bebas stres. Ini akan membuat kita merasa nyaman dan mudah tidur. Tak ada salahnya menaruh bunga atau wewangian beraroma bunga. Sebuah studi yang dilakukan di Jerman menemukan, wanita yang mencium aroma mawar sebelum tidur cenderung memiliki mimpi indah.

    3. Bersihkan pikiran
    Jika Anda memiliki hari yang buruk dan membiarkan hal tersebut mengusik pikiran, maka apa yang Anda impikan akan merefleksikan alam bawah sadar tersebut. Karena itu ada baiknya sebelum tidur Anda membebaskan diri dari hal-hal yang masih membebani pikiran. Ini bisa berarti mencurahkan perasaan pada orang terdekat atau menuliskan unek-unek di jurnal harian.

    4. Teh hangat
    Meminum teh chamomile atau teh lavender ternyata bisa membantu menenangkan pikiran dan membantu kita tidur lebih nyenyak serta mimpi indah. Jangan lupa untuk mematikan seluruh gadget setidaknya satu jam sebelum tidur.

    5. Mendengarkan rekaman audio
    Dalam penelitian selama dua tahun yang dilakukan tim University of Hertfordshire disimpulkan, mendengarkan rekaman suara tertentu bisa memengaruhi isi mimpi. Rekaman audio seperti suara laut atau suara alam yang menenangkan yang bisa diunduh secara gratis lewat aplikasi Dream:ON di iPhone, terbukti membuat orang bermimpi hal-hal menyenangkan.

     


    Sumber: shine.yahoo.com
    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.