• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 29 Oktober 2020

     
    Home   »  Nasional
     
    Jokowi, `Bioskop` dan Kepiting Asap
    ANA DEA | Jumat, 09 Januari 2015 | 07:57 WIB            #NASIONAL

    Jokowi,
    Jokowi makan siang bersama wartawan. Cahyo/Setpres/detikFoto

     

     

    JAKARTA - Sore itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba-tiba blusukan ke ruang wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (5/1). Mengenakan batik cokelat lengan panjang, Jokowi berkeliling untuk mengecek sejumlah fasilitas yang ada di ruangan yang biasa disebut 'bioskop' itu.

    Mulai dari mushala, komputer, televisi, loker hingga toilet pria. Kondisinya memang apa adanya.

    Ruang mushala yang kecil dan sempit. Jejeran komputer yang sudah lama tak digunakan karena tak terkoneksi dengan internet. Satu dari dua televisi tak berfungsi. Loker yang tidak berfungsi maksimal karena kunci-kuncinya hilang.

    Terakhir, toilet yang juga digunakan sebagai smoking room. Bahkan Jokowi sempat menggeleng-gelengkan kepalanya ketika keluar dari kamar mandi pria itu.

    "Kasih saya waktu satu minggu, nanti dibereskan semuanya," kata Jokowi.

    Tak sampai hitungan jam, dua orang petugas dari bagian umum Istana Kepresidenan mengganti mesin dispenser dan galon air mineral yang ketika itu sudah kosong sejak siang.

    Keesokan harinya, Selasa (6/1), Mensesneg Pratikno menyambangi 'bioskop'. Pratikno mengaku ingin melihat-lihat 'ruang penderitaan' wartawan. Tidak berselang lama, dua televisi layar datar berukuran 40 inch tiba di 'bioskop' menggantikan dua televisi sebelumnya.

    Sehari setelah itu, Rabu (7/1) pagi, sidang kabinet paripurna digelar. Seperti biasanya, awal pembukaan sidang kabinet digelar terbuka untuk media sebelum akhirnya digelar tertutup. Pagi itu, Jokowi memberi sambutan 'agak' panjang dari biasanya.

     

    Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan agenda sidang hanya satu: pembahasan RPJMN 2015 -2019 dan RKP Tahun 2015. Namun sebelum membahas hal itu, Jokowi tiba-tiba menyinggung soal sorotan media terhadap pemerintahan yang dipimpinnya.

    Kata Jokowi, media sering kali menilai apa saja yang telah dilakukan pemerintah. Setiap aktivitas, kebijakan dan langkah pemerintah dipotret dari berbagai sudut pandang, baik pro maupun kontra.

    "Dalam kurun hampir 3 bulan ini, kita menganalisis oleh mesin intelijen media manajemen dari 343 media," kata Jokowi.

    Kamis (8/1), agenda Jokowi tak terlalu padat. Pukul 10.00 WIB, Jokowi bertemu dengan Menaker Hanif Dhakiri dan Dirut BPJS Elvyn G Masassya. Pukul 14.00 WIB, Jokowi dijadwalkan bertemu perwakilan dari LDII.

    Nah, jeda panjang itu ternyata dimanfaatkan oleh Jokowi untuk menemui wartawan yang biasa meliput di lingkungan Istana. Jokowi tiba-tiba mengajak wartawan untuk makan siang bersama.

    Makan siang digelar di Restoran Seafood Wiro Sableng 212 di kawasan Kelapa Gading. Mungkin ini adalah kali pertama Jokowi sebagai Presiden makan di luar lingkungan Istana tanpa acara dan perencanaan yang disiapkan.

    Sebelum makan, Jokowi sempat berbincang dengan wartawan. Jokowi mengaku sering makan di restoran seafood ini sejak menjadi Gubernur DKI Jakarta. Salah satu menu favoritnya adalah kerang bambu dan kepiting asap.

    "Ini favorit saya," ungkap Jokowi sambil memecah cangkang kepiting asapnya.

    Jokowi tampak lahap menyantap sajian seafood favoritnya. Batik cokelat lengan panjangnya dilipat, Jokowi asik 'menguliti' kerang bambu dan membelah kepiting asap.

    "Ini loh enak," kata Jokowi kepada wartawan.

    Selama menjabat Gubernur, Jokowi mengaku sering mengajak wartawan untuk makan bersama di tempat ini. Hal itu juga akan tetap dilakukannya setelah menjabat sebagai orang nomor satu di negeri ini.

    "Saya kira kita akan lebih banyak dengan media," tuturnya.


     


    Sumber: news.detik.com
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.