• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 30 November 2021

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Ende Layak Jadi Ibu Kota Provinsi Flores
    LEX | Senin, 19 Januari 2015 | 20:34 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Ende
    Anggota DPRD kabupaten Ende, John Pela

     

     

    Ende, Flobamora.net – Bak gayung bersambut. Pernyataan Bupati Ende , Marselinus Y.W Petu, yang menyatakan Kota Ende siap menjadi ibu kota Provinsi Flores mendapat tanggapan dan dukungan anggota DPRD setempat.

     

    Anggota DPRD Ende, Johanes Pela mengatakan, dilihat dari sudut manapun Kota Ende layak menjadi ibu kota Provinsi Flores. Salah satu alasannya yakni pendekatan pelayanan kepada masyarakat sudah terjawab. Pasalnya, kota ini terletak di tengah-tengah Pulau Flores.

     

    Ditemui di kantor DPRD Ende, Senin (19/1) Jhon menegaskan, jika pemilihan ibu kota dikaitkan denhgan kedekatan pelayanan, maka Kota Ende masuk nominasi utama dan pertama.

     

    ”Kalau ibukota provinsinya di bagian barat atau timur Pulau Flores,  rasanya terlalu jauh terlalu jauh dijangkau,” ujar anggota  Fraksi Partai Golkar ini.

     

    Lebih jauh anggota Komisi 1 yang membidangi pemerintahan ini memaparkan, sejarah sudah membuktikan Kota Ende sebelumnya sudah pernah menjadi ibukota Flores. Saat itu semua masyarakat Flores menerimanya.

     

    “Apa salahnya jika sejarah itu kembali terulang dengan rencana pembentukan Provinsi Flores saat ini, ibu kotanya adalah Ende,”tururnya.

     

    Dia menguraikan, jika memang Kota Ende tidak bisa dijadikan ibu kota Provinsi Flores, maka salah satu kawasan di utara Kabupaten Ende siap menjadi bakal bu kota, karena lahannya masih luas dengan dataran yang bagus.

     

    Ketua Badan Legislasi DPRD Ende ini mengatakan, bicara Flores menjadi sebuah provinsi maka hal pertama yang mesti dipikirkkan adalah dimana letak ibu kotanya.

     

    Menurutnya, kesalahan sejarah yang lalu sehingga gagal memperjuangkan Flores sebagai provinsi adalah tim sengaja menyembunyikan calon ibu kota.

     

    Kata dia, jika dari awal sudah ditentukan ibukotanya, maka pasti secara perlahan pemerintah kabupaten hingga pusat akan mengalokasikan anggaran untuk persiapan-perisiapan pembangunan calon ibu kota  tersebut.

     

    “Pikiran sederhananya, jika sudah menentukan calon ibu kotanya maka anggaran pasti digelontorkan pemerintah pusat , propinsi maupun kabupaten untuk persiapan calon ibu kota provinsi,” katanya.

     

    Dia menambahkan, menetapkan terlebih dahulu ibu kota , juga akan meminimalisir persoalan baik itu dari sisi anggaran maupun masalah sosial kemasyarakatan yang akan terjadi.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.