Warning: ob_start(): output handler 'ob_gzhandler' conflicts with 'zlib output compression' in /home/flobamor/public_html/media.php on line 2
Kasus Diare Meningkat di Ende


  • LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 26 Juni 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Kasus Diare Meningkat di Ende
    ALBERT R. | Rabu, 22 Januari 2014 | 10:21 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Kasus
    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dr. Yayik Pawitra Gati

     

    Ende, Flobamora.net - Dalam beberapa pekan terakhir ini kasus diare semakin meningkat di Kabupaten Ende. Data yang diperoleh pada RSUD Ende tercatat 31 kasus diare.
     
    "Sebelumnya RSUD Ende juga menangani sekitar 35 kasus. Kasus diare ini menyebar hampir di seluruh kabupaten Ende," kata Direktur RSUD Ende, dr. Surip Tintin di Ende, Rabu (21/1).
     
    Dia mengatakan, meningkatnya kasus ini karena adanya siklus musiman yang terjadi  setiap tahun karena terjadi peralihan musim dari musim panas ke musim hujan.

    Untuk itu dia menghimbau perilaku hidup sehat harus benar-benar dijaga oleh warga masyarakat.

    Tintin juga mengeluhkan keterbatasan ruang rawat inap bagi pasien diare khususnya bagi anak-anak. Dia menyebutkan RSUD Ende hanya memiliki 20 tempat tidur, karena  itu sebagai langkah antisipasi maka dipergunakan juga ruangan alternatif yakni ruang bedah dan ruang penyakit dalam.

    “Terus terang kita kekurangan ruangan terutama tempat tidurnya, Untuk itu kita buat  alternatif dengan menggunakan ruang bedah dan peyakit dalam,” kata Tintin.

    Dia mengimbau seluruh warga masyarakat untuk terus ciptakan kondisi hidup sehat, menjaga lingkungan bersih, membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

    Dia mengatakan, saat ini ada tiga pasien yang dititipkan di ruang bedah dan tiga orang lainnya dititipkan di ruang penyakit dalam. Ini bertujuan untuk melakukan tindakan pencegahan dengan rehidrasi oral tumah tangga dengan larutan gula garam dan air kelapa yang dapat membantu mengurangi dehidrasi, sebelum anak atau pasien dibawa ke rumah sakit atau puskesmas.

    Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ende dr. Yayik Pawitra Gati membenarkan angka diare meningkat di kabupaten Ende ini. Untuk meresponnya, dinas kesehatan telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui Puskesmas tentang hidup bersih dan sehat.

    “Kita sudah meminta pihak Puskesmas untuk terus terjun melakukan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya  hidup bersih dan sehat. Dan itu sudah dilakukan kepada masyarakat” kata dr. Yayik.

    Dia juga membenarkan kasus yang terjadi sekarang karena siklus tahunan akibat pergantian musim dari panas menuju musim hujan. ***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.