• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 30 Oktober 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Pemprov NTT Persiapkan Pendirian Kopertis
    ALBERTO | Rabu, 04 Februari 2015 | 10:08 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Pemprov
    Kepala Biro Kesra Setda NTT, Barthol Badar

     

     

    Kupang, Flobamora.net - Pemerintah Provinsi (Pemprov)  NTT saat ini tengah melakukan persiapan untuk mendirikan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis), di  tengah kian bertambahnya jumlah perguruan tinggi swasta di daerah ini.

     

    Kepala Biro Kesra Setda NTT, Barthol  Badar  dalam pertemuan dengan Komisi V DPRD NTT, Selasa (3/2) kemarin mengatakan, alasan mendirikan Kopertis di daerah ini lantaran jumlan Perguruan Tinggi Swasta di NTT sudah mencapai 50 buah dengan jumlah mahasiswa 60.714 orang.

     

    Menurutnya, alasan lain pendirian Kopertis adalah untuk mendekatkan pelayanan terhadap penyelenggaraan PTS di wilayah NTT. “Kondisi geografis daerah ini adalah kepulauan, maka sangat menyulitkan pelayanan terhadap PTS dari jarak jauh juga menjadi alasan mendirikan Kopertis”, katanya.

     

    Dia menjelaskan, alasan lain karena tuntutan pelbagai peraturan semakin lama semakin berat dan kompleks, maka diperlukan pembinaan dan pengawasan yang komprehensif dan intensif, serta tuntutan masyarakat pemakai tamatan PTS semakin lama semakin beragam dan berat.

     

    Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya Kopertis tersebut akan memacu pertumbuhan dan peningkatan kualitas dan kuantitas PTS di NTT, karena pengawasan dan evaluasi lebih mudah dilaksanakan, serta adanya dukungan penuh dari Pemerintahi dan DPRD Provinsi NTT.

     

    “Bukti dukungan tersebut dengan kesiapan sarana, prasarana dan dana bagi operasional Kopertis  NTT,” ujarnya.

     

    Dia menuturkan, pada tanggal 18 Desember 2014, Pemprov NTT melakukan konsultasi dan klarifikasi atas usulan pendirian Kopertis yang telah disampaikan ke Mendikbud dan Ditjen Dikti pada awal Oktober 2014 lalu.

     

    Hasil yang dicapai,kata dia, pihak Dikti menanggapi positif keinginan Pemprov NTT untuk mendirikan Kopertis dan akan diikuti dengan pengkajian.

     

    “Selanjutnya Pemprov NTT akan memaparkan data dan informasi yang akurat terkait pendirian Kopertis kepada Tim DIKTI yang akan melakukan uji petik tentang kesiapan tersebut,” tambahnya.

     

    Ketua Komisi V, Winston Neil Rondo, mengatakan, perlu adanya studi kelayakan menyangkut pendirian Kopertis di daerah ini.” Komisi V siap memfasilitasi rencana pendirian Kopertis dengan mengundang para pimpinan PTS untuk menyatukan pandangan serta dukungan pendirian Kopertis  di Wilayah NTT dalam suatu pertemuan atau coffee morning pada bulan Maret 2015,” katanya.

     

    Winston mengatakan, Komisi V mendukung sepenuhnya upaya pemerintah untuk mendirikan Kopertis di wilayah ini demi meningkatkan mutu Perguruan Tinggi Swasta dan lulusannnya.***


     


    Sumber: Humas DPRD NTT
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.