• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 29 November 2021

     
    Home   »  Gaya Hidup
     
    Waspada, Tanda-tanda Aneh Ini Bisa Jadi Gejala Penyakit
    ANA DEA | Selasa, 24 Februari 2015 | 09:28 WIB            #GAYA HIDUP

    Waspada,
    Ilustrasi

     

     
    FLOBAMORA.NET - Tubuh manusia terdiri dari banyak sel dan jaringan, serta sistem yang saling berhubungan. Ketika ada satu bagian yang bermasalah, bagian lainnya bisa ikut bermasalah atau memunculkan tanda-tanda.

    Cegukan terus menerus hingga perilaku kriminal bahkan bisa menjadi tanda Anda terkena suatu penyakit. Gejala ini sering kali tak Anda sadari. Berikut 9 tanda-tanda yang bisa menjadi suatu gejala penyakit.

    1. Goresan putih di kuku
    Tak hanya bintik-bintik merah dan iritasi pada kulit, goresan kecil berwarna putih pada kuku bisa jadi tanda Anda terkena penyakit kulit psoriasis. Menurut sebuah studi Dermatology Research and Practice, tanda pada kuku bisa terjadi pada 80 persen hingga 90 persen pasien. Berdasarkan penelitian, beberapa orang pun mengalami masalah pada kukunya sebelum terjadi masalah pada kulitnya.

     

    2. Benjolan di bawah kulit
    Siapa sangka, adanya benjolan di bawah kulit bisa jadi gejala pertama dari rheumatoid arthritis atau radang sendi kronis. Berdasarkan sebuah studi dari jurnal Dermatology, benjolan itu dapat tumbuh dekat persendian seperti daerah tangan atau siku. Benjolan itu pun biasanya tidak terasa sakit.

    3. Tumit pegal dan bengkak
    Gejala penyakit persendian seperti psoriatic arthritis bisa ditandai dengan adanya nyeri dan bengkak pada bagian tumit. Kondisi ini terjadi pada tendon Achilles atau jaringan yang menghubungkan otot betis dengan tulang tumit . Menurut National Psoriasis Foundation, gejala radang sendi juga bisa ditandai dengan bengkaknya jari tangan dan kaki.

     

    4. Tak berhenti cegukan
    Pernahkah Anda tak berhenti cegukan selama 48 jam atau lebih? Menurut sebuah studi di Taiwan, hal itu bisa jadi gejala kanker paru-paru atau kerongkongan. Menurut penelitin beberapa jenis kanker dapat memengaruhi sistem saraf pusat sehingga tak bisa mengendalikan cegukan.

     

    5. Sering menggigil
    Menggigil merupakan hal biasa yang dialami seseorang ketika kedinginan. Namun, jika menggigil terjadi pada musim panas tentu menimbulkan tanda tanya. Kondisi itu bisa jadi tanda adanya kelenjar tiroid kurang aktif atau hipotiroidisme. Penelitian dari Southern Illinois University menunjukkan, hipotiroidisme dapat membuat tubuh merasa dingin sepanjang hari.

    6.
    Suka makan es batu
    Pernahkah Anda sangat ingin makan es batu? Anda mungkin menderita anemia akibat kekurangan zat besi. Berdasarkan publikasi American Journal of Medicine, orang yang ingin sekali makan atau ngidam es batu merupakan tanda seseorang menderita anemia. Penelitian menunjukkan bahwa 44 persen pasien anemia sangat menginginkan makan es batu.

    Suka makan es batu bisa disebut pica atau mengalami gangguan makan. Menurut peneliti, makan es batu mungkin disukai pasien anemia untuk menghilangkan rasa sakit atau peradangan pada lidah. Sebab, pasien anemia akibat kekurangan zat besi biasanya mengalami rasa sakit pada lidah.


    7. Ingin mengambil barang orang lain
    Gejala penyakit yang satu ini mungkin terdengar aneh, yaitu memiliki keinginan untuk mengambil barang orang lain atau mencuri. Menurut penelitian dari JAMA Neurology, tanda itu bisa jadi gejala seseorang terkena demensia atau kepikunan. Menurut peneliti, plak pada otak orang yang terkena demensia dapat mengganggu seseorang mengenali aturan sosial atau hukum yang berlaku.

    8. Bintik putih di lidah
    Jika ada bintik putih dan kering pada lidah Anda, waspadai penyakit celiac. Celiac merupakan gangguan autoimun yang menyebabkan tubuh bereaksi setelah memakan gluten ( protein pada gandum maupun tepung).

    Reaksi tubuh yang terjadi, yaitu gangguan pencernaan seperti diare. Celiac juga bisa menyebabkan seseorang merasa kelelahan, muntah, hingga penurunan berat badan.

     
    9. Sering buang air kecil
    Berdasarkan studi dari Wake Forest University, sering buang air kecil adalah gejala awal penyakit diabetes tipe 2.  Hal itu terjadi karena ginjal sedang berjuang mengelola gula darah Anda sehingga terus membuangnya melalui urin.

    Sering buang air kecil juga bisa membuat Anda merasa dehidrasi. Dengan demikian, peneliti menyatakan bahwa dehidrasi juga bisa menjadi gejala awal penyakit diabetes.


     


    Sumber: prevention.com
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.