• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 30 Mei 2020

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Bangun Tiga Kantor, Pemkab Harapkan Sumbangan Dana Pides dan Pikel
    LEX | Kamis, 26 Februari 2015 | 20:00 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Bangun
    Bupati Ende, Marselinus Y.W Petu

     

    Ende, Flobamora.net - Bupati Ende, Marselinus Y.W Petu mengharapkan, pemerintah desa dan kelurahan bisa menyumbangkan sebagian dana dari pagu indikatif desa (Pides) dan pagu indikatif kelurahan (Pikel) untuk membantu kelanjutan pembangunan tiga gedung kantor pemerintah.

     

    Tiga gedung kantor pemerintah yang akan dilanjutkan pembangunannya adalah Dinas PPO, Perpustakaan Daerah dan KPUD yang dihentikan pembangunannya beberapa tahun terakhir.

     

    “Kita akan minta sumbangan dana sebesar Rp 80 juta per desa dan kelurahan ke pemerintah kabupaten dari dana yang sudah digelontorkan Rp 800 juta hingga Rp 1 miliar,” kata Bupati Marsel, Kamis (26/2).

     

    Dia menyebutkan, dana Pides dan Pikel memang merupakan strategi perencanaan pembangunan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan di kabupaten dan dananya bisa diambil dari Pides dan Pikel.

     

    Menurutnya, semua anggaran sudah dikucurkan ke desa dan kelurahan untuk menjawabi persoalan di kabupaten. ”Mau diambil dari mana lagi. Mau harapkan top down butuh dana besar. Karenanya, kita butuh dukungan dana dari Pides dan Pikel. Dengan begitu, tiap desa dan keluarahan harus juga memperhatikan kepentingan kabupaten,” ujarnya.

     

    Dia menuturkan, akan menjadi persoalan manakala desa dan kelurahan menyatakan dana tersebut menjadi hak mereka, lantas mengapa harus disumbangkan lagi kepada kabupaten.

     

    Dia memaparkan, ada frame yang menyatakan dana Pides dan Pikel, 20 persen diperuntukkan bagi pendidikan, ekonomi, kesehatan, kesejahteraan, infrastruktur dan lainnya, bisa diberikan kepada kabupaten. Sekarang tinggal respon dari desa dan kelurahan.

     

    Berkaitan dengan kelanjutan pembangunan tiga gedung yang mangkrak itu dengan menggunakan sebagian dana Pides dan Pikel, dia mengatakan, tidak ada konsekuensi hukumnya.

     

    ”Secara adminsitratif segera dilakukan persiapan di tahun 2015 ini, sehingga pada tahun 2016 sudah bisa dilakukan kelanjutan pembangunan kembali ketiga bangunan tersebut,” tandasnya.

     

    Pemerintah Kabupaten Ende, sambungnya, masih mencermati apakah aset-aset tersebut sudah diserahkan ke pemerintah daerah atau belum, kemudian diserahkan ke daerah untuk melanjutkan pembangunannya.

     

    Kata dia, jika pemernitah pusat melalui APBN akan melanjutkan kembali pembangunan gedung kantor Dinas PPO atau KPUD, pemerintah daerah merasa bersyukur.

     

    “Kita bersyukur jika itu yang terjadi, sehingga beban daerah akan berkurang. Tetapi jika tidak, kita mengkajinya, apakah diserahkan kepada pemerintah daerah untuk melanjutkan pembangunannya,” katanya lagi.

     

    Dia berharap, ketiga gedung yang sudah beberapa tahun dibiarkan ‘merana’ begitu saja tanpa kelanjutan pembangunan, bisa segera dibangun kembali menggunakan dana Pides dan Pikel.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.