• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 25 Oktober 2021

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    DOB Hendaknya Menjawabi Kebutuhan Kesejahteraan Rakyat
    LEX | Senin, 02 Maret 2015 | 22:53 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    DOB
    Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Jhoni G. Plate

     

     

    Ende, Flobamora.net - Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem DPR RI, Jhoni G. Plate mengatakan, keinginan masyarakat untuk membentuk Provinsi Flores lepas dari NTT hendaknya menjawabi kebutuhan dan kesejahteraan rakyat.

     

    Plate mengatakan itu kepada Flobamora.net di Ende, Senin (2/3) terkait sikap Partai NasDem menanggapi wacana pemekaran Provinsi NTT menjadi sebuah propinsi baru yakni Provinsi Flores.

     

    “Untuk Partai NasDem, menambah daerah otonomi baru (DOB) atau  tetap adalah alat untuk mencapai kesejahteraan. Yang terpenting DOB bisa menjawabi kebutuhan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

     

    Menurutnya, rencana pembentukan Provinsi Flores lepas dari NTT,  yang diketahuinya  masih sebatas wacana, karena belum ada blue print atau atau cetak biru (kertas kerja).

     

    Lebih jauh dia mengatakan, adanya provinsi baru dirinya tidak mau hanya sekedar berpisah dari Timor dan Sumba namun seperti cita-cita negara yakni demi kesejahteraan masyarakat atau publik. Jangan sampai dengan pembentukan Provinsi Flores bisa menciptakan situasi politik yang panas karena berebutan jadi calon ibu kota provinsi.

     

    Dia berharap, masalah-masalah ini harus diselesaikan lebih dahulu, misalnya, penentuan calon ibu kota. Ada kriterianya, ke depan ibukota akan kita jadikan seperti apa, sama seperti dahulu para pendahulu memilih Kupang sebagai ibu kota NTT. Karena itu, menentukan calon ibu kota  harus ada tujuannya.

     

    “Ibu kota harus memiliki daya dukung yang kuat, karena dipastikan akan adanya migrasi besar-besaran, apakah ada daya dukung seperti ketersediaan air, lahan dan penjagaan lingkungan,” tuturnya.

     

    Dia juga berharap, ke depannya bisa dipikirkan untuk berjuang menjadikan NTT sebagai provinsi kepulauan bersama Maluku dan beberapa provinsi lainnya, karena dengan demikian fasilitas pembangunan akan lebih besar yang akan didapat.

     

    Plate mengapresiasi dan memberikan dukungan kepada para bupati, DPRD kabupaten dan tokoh masyarakat yang sudah punya semangat membentuk Provinsi Flores, namun dia mengingatkan kembali, semangat itu belum cukup, harus punya dasar dan alasan, tidak hanya sebatas cita-cita, ide atau slogan semata.

     

    “Berdasarkan evaluasi banyak daerah otonomi yang gagal, kembali bergabung dengan induknya. Ketika kembali bergabung timbullah masalah baru lagi,” katanya mengingatkan.***

     




    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.