• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 20 September 2019

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Dana CSR Bank NTT untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah
    ALBERTO | Sabtu, 07 Maret 2015 | 13:10 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Dana
    Anggota Komisi III DPRD NTT, Semuel Victor Nitti

     

    Kupang, Flobamora.net - Anggota Komisi III DPRD NTT, Pendeta Semuel Victor Nitti, menyarankan, dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan yang dialokasikan cukup besar setiap tahun oleh Bank NTT bisa diarahkan untuk bantuan produktif bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

     

    “Jika selama ini mungkin sebagaian besarnya untuk kegiatan sosial saja, alangkah bagusnya ada kebijakan lain dari bank NTT agar sebagian dana itu disisihkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah untuk tujuan produktif yang menghidupkan,” kata Nitti di Kupang, Jumat (6/8).

     

    Menurutnya, jika pola itu mendapat perhatian dan dikembangkan, Bank NTT telah memberi kail bukannya ikan bagi masyarakat berpengasilan rendah, agar mereka bisa berusaha untuk mensejahterakan keluarganya.

     

    Sekain untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah, dia juga menyarankan, lewat dana CSR Bank NTT bisa bekerja sama dengan lembaga swasta atau pemerintah menyelenggarakan kursus-kursus atau pelatihan yang bermanfaat bagi anak-anak dan remaja putus sekolah.

     

    “JIka Bank NTT kesulitan mencari mitra, pemerintah punya Balai Latihan Kerja (BLK) yang bagus untuk menyelenggarakan kursus seperti menjahit, perbengkelan, pertukangan atau pelatihan bagi calon TKW yang akan bekerja ke luar negeri lewat jalur resmi,” ujarnya.

     

    Sementara Direktur Utama (Dirut) Bank NTT, Daniel Tagu Dedo mengatakan, pihaknya sangat mendukung saran yang disampaikan anggota dewan tersebut dan akan mengkaji lebih lanjut terkait pemanfaatan dana CSR.

     

    “Sebetulnya dana CSR yang disiapkan sudah ada peruntukkannya seperti untuk kegiatan sosial, ekonomi dan olahraga. Tahun 2014 dana CSR yang dimanfaatkan sebesar lebih dari Rp 2 miliar. Hanya saja untuk tujuan ekonomi produktif terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah masih perlu ditingkatkan, Sedangkan untuk tahun 2015 alokasi dana CSR sebesar Rp 6,2 miliar, ” katanya.

     

    Sejauh ini,paparnya, Bank NTT bekerja sama dengan program pembangunan  PBB atau UNDP telah mengembangkan energi terbarukan di beberapa lokasi di wilayah provinsi kepulauan ini dengan dana yang cukup besar sekitar Rp 12 miliar.

     

    Selain itu, paparnya, untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, Bank NTT mendukung penuh kehadiran dan kegiatan yang dilakukan Vredes Eilanden Country Offices (VECO) Indonesia terhadap pengembangan sektor kopi dan kakao di daratan Flores.

     

    Harapannya, kata dia, para petani mendapat berbagai layanan bisnis secara lebih mudah seperti layanan modal, informasi dan teknologi, maupun akses pasar dengan harga yang adil.

     

    “ Komitmen ini melalui penandatanganan nota kesepahaman.Kegiatan itu sudah dimulai di Manggarai Timur dan Ngada pada  5 Februari 2015 lalu,” tambahnya.

     

    Lewat dana CSR, sebutnya, Bank NTT juga mendukung dan bekerja sama dengan sekitar 2000 gereja di bawah naungan Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT) untuk kegiatan peningkatan ekonomi jemaat.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.