• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 16 Juli 2019

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Rekruitmen Pengurus Kopdit Bahtera Melalui Uji Kompetensi
    ELN | Senin, 09 Maret 2015 | 07:39 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Rekruitmen
    Ilustrasi Logo Kopdit

     

    Ende, Flobamora.net - Berbeda dengan sistem yang dianut sebelumnya. Jika pada RAT tahun-tahun sebelumnya, pemilihan badan pengurus dilakukan sekaligus dan ditetapkan dalam RAT, sejak RAT tahun 2014, Kopdit Bahtera Ende melakukan sebuah terobosan baru.

     

    Kpodit ini mulai RAT 2014 melakukan rektuitmen pengurus dengan cara uji kompetensi. Kriteria untuk menjadi pengurus Kopdit antara lain pemahaman tentang keuangan dan teknologi informasi dan tata kelola usaha koperasi.

     

    “Sudah saat Kopdit yang ada di daerah ini mengikuti langkah yang dilakukan Kopdit Bahtrera dalam merekrut pengurusnya,” kata  Manager Kopdit Flores Mandiri Ende, Mikhael Djawa,Sabtu (7/3).

     

    Menurutnya, untuk melaksanakan uji kompetensi tersebut, pengurus menawarkan kepada forum RAT pembentukan panitia pelaksana uji kompetensi yang secara aklamasi disetujui dan menjadi salah satu butir keputusan RAT Tahun 2014.

     

    Mikhael menambahkan, setiap kandidat pengurus minimal harus memenuhi syarat, pemahaman tentang keuangan dan teknologi informasi,  tata kelola usaha koperasi yang memadai tentang serta persyaratan teknis lainnya.

     

    “Untuk uji kompetensi kandidat pengurus, itu dilakukan panitia khusus yang memiliki kemampuan  tentang item persyaran dan berpengalaman di bidang perkoperasian, sehingga hasil kerja panitia ini benar-benar dapat dipertanggung-jawabkan terutama bagi pengembangan dan kemajuan Kopdit Bahtera ke depannya,” tandasnya.

     

    Sementara itu salah seorang peserta RAT, Adrianus menanggapi mekanisme perekrutan pengurus dengan pola uji kompetensi mengatakan, ia sangat setuju dengan pola dan mekanisme yang disampaikan manager Kopdit Flores Mandiri dan sekaligus diimplementasikan oleh Kopdit Bahtera Ende dalam RAT ini.

     

    “Saya sangat setuju dengan pola yang diterapkan ini. Sebab akan terjadi kaderisasi kepengurusan berdasarkan kompetensi. Ke depannya akan berdampak positif bagi perkembangan dan kemajuan Kopdit Bahtera Ende,”tuturnya.

     

    Sedangkan peserta RAT lainnya, Marthinus Misa mengatakan, uji kompetensi bagi calon pengurus akan memberi peluang besar bagi anggota yang memenuhi persyaratan.

     

    “Ini yang kita tunggu selama ini. Ini  juga akan menghapus kesan KKN untuk menjadi pengurus yang sempat mencuat di kalangan anggota,” tegasnya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.