• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 06 Juli 2020

     
    Home   »  Gaya Hidup
     
    Tujuh Cara untuk Berhenti Merokok
    ANA DEA | Kamis, 12 Maret 2015 | 12:14 WIB            #GAYA HIDUP

    Tujuh
    Ilustrasi

     

     

    ROKOK adalah salah satu penyebab kematian utama di dunia. Survey Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia tahun 2007 menyebutkan setiap jam kurang lebih 45 orang meninggal dunia karena penyakit yang di picu oleh rokok. Kebiasaan merokok dapat menyebabkan sedikitnya 30 jenis penyakit pada manusia. Semakin muda seseorang merokok, makan semakin banyak juga penyakit yang di derita saat tua.

     

    Berhenti merokok bagi anda yang seorang perokok aktif adalah satu satunya jalan agar anda dapat menikmati hidup hingga tua, namun berhenti merokok bukanlah hal yang mudah, berikut ada beberapa kiat yang dapat anda lakukan, agar anda dapat berhenti merokok.

     

    1. Niatkan untuk berhenti merokok

     

    Bagi seseorang yang sudah lama menjadi perokok aktif atau kecanduan, berhenti merokok akan menjadi hal yang paling sulit. Tapi bukan berarti seorang pecandu rokok akan sulit untuk berhenti merokok, langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin berhenti merokok yaitu menguatkan niat dan tekad anda untuk berhenti merokok.

     

    2. Mulai untuk berhenti sedikit mulai sedekit

     

    Setelah anda berniat untuk berhenti merokok, mulailah dengan mengurangi konsumsi rokok yang anda konsumsi. Misalnya, jika sehabis makan biasanya anda mengkonsumsi hingga 5 batang, berarti untuk 3x makan anda akan menghabiskan 15 batang dalam sehari, cobalah untuk mengurangi menjadi 1 batang setiap sehabis makan, kemudian carilah makanan atau minuman yang dapat mengalihkan anda dari rokok.

     

    3. Hindari hal hal yang dapat memicu anda merokok

    Hal ini juga perlu di perhatikan, hal hal yang dapat memicu anda ingin merokok seperti saat anda terserang stress, sedang minum kopi, begadang atau berdebat. Hindari dan kurangi hal hal tersebut agar anda tidak terpacu untuk merokok.

     

    4. Mencari Kesibukan

     

    Mulailah untuk mencari kesibukan dengan aktifitas yang anda lakukan, karna kesibukan juga menjadi salah satu factor yang dapat mengalihkan anda dari rasa ingin merokok. Carilah kegiatan yang dapat anda lakukan misalnya berolahraga, berenang, dan lain nya. Dengan begitu, rasa ingin merokok anda dapat teralihkan.

     

    5. Perbanyak istirahat atau tidur

     

    Menjalani niat untuk berhenti merokok akan terasa melelahkan karna tubuh anda akan terasa sedikit lemas, cobalah untuk menambah jam istirahat dan tidur anda.

     

    6. Minum air mineral.

     

    Biasakan untuk meminum air mineral saat anda mulai merasa ingin merokok. Kebiasaan minum air putih juga lebih sehat untuk kesehatan tubuh anda.

     

    7. Hindari tempat tempat yang memungkinkan anda menghirup asap rokok.

     

    Biasakan untuk ke tempat yang terhindar dari asap rokok. Jika ada yang mengajak anda keluar, mintalah untuk pergi ketempat yang bebas area merokok.

    Itulah cara cara yang dapat anda lakukan agar anda dapat menghentikan kebiasaan anda untuk merokok. Mulailah untuk menjaga kesehatan anda, dan belajar untuk hidup lebih sehat.***


     


    Sumber: Detik Health
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.