• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 26 Agustus 2019

     

     
    Home   »  Travel
     
    Menikmati Eksotisme Batu Termanu
    ALBERT R. | Sabtu, 07 Desember 2013 | 11:47 WIB            #TRAVEL

    Menikmati
    dok/Flobamora.net

     
    BERKUNJUNG ke Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT),rasanya belum lengkap jika tidak menyempat diri menikmati salah satu objek wisata yang menjadi icon pulau Rote, pulau terselatan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Batu Termanu, demikian  masyarakat setempat menyebutnya.


    Batu Termanu, terdiri dari dua buah batu, yakni Batu “Suelai” dan Batu “Hun”.Konon menurut legenda masyarakat nusak (kerajaan) Termanu, asal usul Batu Termanu Ini diyakini berasal dari kepulauan di Maluku, yang dapat berpindah-pindah sampai menetap di tempatnya sekarang ini.

    Penulis yang sempat berkunjung ke Pulau Rote, beberapa waktu lalu   , sempat menikmati panorama alam nan eksotik itu. Jika dengan kapal motor dari Pelabuhan Tenau Kupang, setelah melewati Selat Pukuafu yang terkenal ganas pada saat cuaca ekstrim, keindahan Batu Termanu yang kokoh,  terlihat seolah menyambut ramah kedatangan kita di Nusa Lote, negeri sejuta lontar.

    Guratan-guratan alam akibat abrasi gelombang laut yang terlihat jelas pada bagian tepian curam Batu Termanu ini memperindah panorama kawasan Pantai Dusun Leli Fopo, Kelurahan Onatali, Kecamatan Rote Tengah ini. Dua buah batu ini berdiri kokoh, seakan menantang angkuhnya Selat Pukuafu.

    Menurut penuturan masyarakat setempat, Batu Suelai diyakini berjenis kelamin Pria berada langsung di pinggir pantai Leli dan Batu Hun jenis wanita terletak beberapa ratus meter sebelah kanan terletak agak kedalam laut.

    Oleh orang Rote di Nusak Termanu khususnya, menganggap sebagai kedua batu ini sebagai Batu Keramat dimana bila disaat situasi iklim mengalami kemarau panjang, maka melalui Mane Leo (tokoh adat/kepala suku) sebagai pemimpin dari rumpun keluarga “Suelai Batuhun” melakukan acara adat di kaki batu untuk memohon turunnya hujan.

    Objek Wisata Batu Termanu (Batu Suelai dan Batu Hun), memang sungguh memancarkan panorama eksotis sekaligus menyimpan nuansa magis wisata alam yang sangat memukau. Batu Termanu merupakan tempat yang cocok bagi para penyelaman, karena memiliki terumbu karang yang walaupun tidak terlalu luas arealnya, namun memiliki banyak variasi menarik.

    Di sekitar perairan Batu Termanu juga selain menjadi tempat yang nyaman bagi para penyelam, juga bagi yang hobi memancing dapat menguji kesabaran dan keterampilan bermain-main dengan ikan kerapu dan ikan tenggiri yang cukup banyak pada spot pancing di sekitar wilayah perairan Batu Termanu.

    Selain itu, daya tarik objek wisata sepanjang garis pantai yang membujur dari batu Suelai sampai ke batu Hun yang terletak di Teluk Termanu ini juga dilengkapi dengan view sunset yang bisa membuat kita terhipnotis saat menjelang matahari mulai condong kedalam laut arah barat pulau Rote.

    Untuk mencapai objek wisata Batu Termanu, sangat mudah ditempuh dengan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat atau perahu, karena jaraknya hanya sekitar 6 km dari Kota Ba’a, Ibukota Kabupaten Rote Ndao. Objek Batu Termanu sangat ramai dikunjungi pelancong pada hari libur, kita tinggal merogoh kocek sekitar Rp. 25 ribu menggunakan ojek atau angkot.

    Rizky Avi


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.