• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 04 Desember 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Anggota Dewan Jangan Jadi Pajangan
    VICKY DA GOMEZ | Kamis, 30 Januari 2014 | 12:31 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Anggota
    Logo Kabupaten Sikka

     

     
    Maumere, Flobamora.net - Ketua DPRD Kabupaten Sikka, Rafael Raga, menegaskan anggota dewan harus tampil menunjukkan kredibilitas yang andal sebagai orang pilihan rakyat, dan tidak menjadi bahan pajangan belaka. Pasalnya, rakyat senantiasa akan mengikuti, memantau, menyoroti dan menilai kinerja anggota DPRD Sikka.

    Penegasan yang bersifat sentilan itu disampaikan Rafael dalam pidato politiknya pada Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Pergantian Antarwaktu (PAW) anggota DPRD Sikka, Fabiola Mirong dari Partai Gerindra Daerah Pemilihan Sikka 1 menggantikan Paolus Nong Susar di Maumere, Kamis (30/1).

    Dalam kesempatan yang sama, Rafael juga menyentil agar DPRD Sikka jangan menjadi DPRD Kampungan. “Jangan menjadi anggota DPRD yang hanya urus kampungnya saja,” tukasnya.
     
    Dia menyebutkan, anggota DPRD harus menjaga komitmen, moral dan hati nurani yang bermartabat, bertanggungjawab atas dirinya dan masyarakat. Karena itu dia berharap DPRD tidak gampang terjebak dalam perjuangan kepentingan sendiri partai atau kelompok, melainkan seluruh rakyat yang telah melimpahkan kepercayaan dan kedaulatan.

    Pidato politik ini mengundang banyak persepsi, terutama dugaan adanya anggota DPRD yang selama ini  hanya jadi pajangan atau hanya mengurus kampungnya saja. Apalagi di akhir pidatonya, Raga menukik dengan pertanyaan reflektif.

    “Apakah kinerja lembaga DPRD Sikka telah cukup optimal merespons peran dan fungsinya dalam mewujudkan Satu Sikka yang Mandiri dan Sejahtera? Mari kita jawab dengan nurani,” tanyanya.

    Dia menambahkan, anggota legislatif merupakan pilihan langsung masyarakat dan terlepas dari pengaruh pemerintah. Konsekuensi dari itu, anggota yang terpilih akan lebih setia kepada masyarakat pemilihnya.

    Oleh karena itu,sambungnya,  profesionalisme dan peningkatan kapasitas individu anggota dewan sangat dibutuhkan. Hal ini guna memahami kedudukan dan mampu melaksanakan tugas masing-masing secara optimal dan proporsional antara legislatif  dan eksekutif sebagai mitra kerja dan menjalankan roda pemerintahan.

    Pada kesempatan itu, Bupati Yoseph Ansar Rera mengatakan hadirnya Fabiola Mirong diharapkan dapat menambah daya spirit demokrasi.

    Dia pun mengingatkan agar anggota dewan harus objektif dan rasional. Apalagi kerja dan kinerja wakil rakyat kerap mendapatkan kontrol dari masyarakat. ***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.