• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 09 Juli 2020

     
    Home   »  Travel
     
    Pengunjung Kelimutu Diingatkan Pakai Masker
    ALBERTO | Rabu, 29 April 2015 | 11:58 WIB            #TRAVEL

    Pengunjung
    Seorang wisatawan dengan latar belakang Danau Kelimutu yang sudah berubah warna (Foto : Ester Elim)

     

     

    Kupang, Flobamora.net - Petugas Pengamatan vulkanologi Kelimutu mengingatkan wisatawan dan pengunjung kawasan Danau Kelimutu memakai masker jika berada di kawasan itu. Ini terkait dengan menggeliatnya aktivitas dana tersebut, tepatnya di kawah yang saat ini telah berubah warna menjadi warna putih.

     

    Aloysius Ngaga seorang pengunjung Kelimutu mengatakan, petugas pengamat vulkanologi kelimutu belum melarang wisatawan berkunjung ke sana. Wisatawan dan pengunjung hanya diingatkan untuk memakai masker karena bau belereng yang menyengat.


    “Yang kami lihat di sini uapnya masih ada. Masih muncul sekitar satu atau dua meter dari kawah ke atas permukaan. Tetapi waktu kami masuk diberikan peringatan untuk segera menjauh jika terjadi uap yang terus–menerus dan disuruh pulang,” katanya saat dihubungi dari Kupang, Rabu (29/4). .

     

    Menurutnya, imbauan lain dari mereka jika kita naik ke atas puncak di pointnya atau di tugu, disuruh membawa masker, air minum untuk menjaga diri saja.


    Dia mengatakan, selain asap yang muncul di kawah Nuwamuri Ko’ofai, juga terjadi perubahan warna. Sebelumnya danau itu berwarna hijau muda sekarang sudah berwarna putih. Perubahan itu baru saja terjadi.

     

    Sebelumnya diberitakan, Danau Tiga Warna Kelimutu di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali berubah warna, setelah perubahan terkahir terjadi pada tahun 2013 lalu.

     

    Ester Elim, salah seorang wisatawan yang berkunjung ke Kelimutu, Sabtu (2/5/4) lalu dan menyaksikan langsung perubahan itu, dihubungi dari Kupang, Selasa (28/4) mengatakan, saat pertama kali tiba di Kelimutu warna ketiga danau itu masih seperti biasa.

     

    “Kami terkejut melihat keajaiban itu. Danau Nuwamuri Ko’o Fai yang semula berwarna biru kemudian berubah menjadi warna putih susu. Danau Ata Polo yang semula berwarna hijau berubah menjadi warna merah. Sedangkan Danau Ata Bupu yang semula berwarna hitam berubah menjadi warna hijau. Sekarang Danau Kelimutu menjadi merah, putih dan hijau,” katanya.

     

    Dia menjelaskan, ia bersama teman-temannya, tiba di Kelimutu sekitar pukul 08.00 Wita. Saat itu Danau Nuwamuri Ko’o Fai  masih berwarna biru muda. Sekitar pukul 08.18 Wita, warna biru muda mulai berubah perlahan-lahan ke warna putih, makin lama makin jelas putihnya. Demikian pula dengan danau yang lain warnanya juga mulai berubah. ***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.