• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 04 Desember 2020

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Bupati Ende Canangkan Inseminasi Buatan
    ALEX | Jumat, 08 Mei 2015 | 13:31 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Bupati
    Bupati Ende, Marselinus Y.W Petu saat melakukan inseminasi buatan (IB)

     

     

    Ende, Flobamora.net - Dalam rangka meningkatkan produksi daging dan sapi bakalan (pedet) serta meningkatkan mutu genetik ternak dan jumlah pemilikan sapi potong, Bupati Ende Marselinus Y.W Petu bersama Ketua DPRD setempat Herman Yoseph Wadhi melakukan pencanangan penerapan Inseminasi Buatan (IB) sekaligus melakukan praktik IB.

     

    Seperti disaksikan, Kamis (7/5) di Desa Maurole, Kecamatan Maurole, Bupati  bersama Ketua DPRD Ende, dibantu petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan setempat melakukan IB.


    Bupati Marsel pada kesempatan ini berharap, dengan IB ini bisa meningkatkan produksi sapi potong karena proses kebuntingan sapi bisa ditentukan oleh peternak dengan melakukan pengamatan rutin untuk mengetahui birahi betina dan menentukan saat yang tepat untuk melakukan IB.


    "Kita harapkan terjadi peningkatan populasi ternak sapi potong di Kabupaten Ende. Kepada peternak agar bisa bekerja sama dengan petugas dinas dalam proses seleksi dan pelaksanaan IB di lapangan," ujarnya.

     

    Kepada masyarakat dia juga meminta untuk tidak memotong betina yang produktif dan yang diharapkan bisa mengembangbiakannya.


    Sementara itu, Ketua DPRD Ende Herman Yoseph Wadhi mengatakan, dengan IB, diharapkan populasi sapi kian meningkat dengan jenis dan bibit yang unggul serta pada akhirnya bisa diantarpulaukan.


    "Mudah-mudahan bisa kita antarpulaukan sapi-sapi dan bekerja sama dengan DKI Jakarta atau kalau perlu diekspor,"ujarnya.

     

    Dia juga mengatakan, dengan dicanangkannya IB bisa membuat masyarakat tergugah untuk ikut IB terhadap sapi-sapi mereka yang sudah diketahui manfaatnya.


    Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ende,  Drh.Regina A Matalu mengatakan, tujuan IB ini untuk memperbaiki mutu genetika,tidak mengharuskan pejantan unggul dibawa kesuatu tempat sehingga mengurangi biaya, mengoptimalkan penggunaan bibit pejantan unggul, meningkatkan angka kelahiran dengan cepat dan teratur serta mencegah penularan atau penyebaran penyakit.


    "Kita bisa hemat biaya pemeliharaan ternak jantan, jarak kelahiran pun kita bisa diatur dan juga kawin sedarah bisa kita cegah pada sapi betina," kata Regina sambil menambahkan, dengan peralatan yang baik spermatozoa bisa disimpan dalam waktu lama.


    Dalam pencanangan IB dan praktik IB terhadap delapan ekor sapi oleh Bupati dan Ketua DPRD Ende dan beberapa pejabat eselon II juga dilakukan USG terhadap satu ekor sapi betina untuk mengetahui jenis kelamin sapi bakalan.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.