• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 20 September 2019

     

     
    Home   »  Gaya Hidup
     
    Dua Program Diet Ini Terbukti Turunkan Berat Badan
    ANA DEA | Minggu, 10 Mei 2015 | 08:22 WIB            #GAYA HIDUP

    Dua
    Ilustrasi

     
    FLOBAMORA.NET - Kalau program penurunan berat badan Anda masih belum menunjukkan hasil, boleh mempertimbangkan dua program diet ini. Karena menurut review para peneliti, kedua program berikut (dan sejumlah program lainnya) dapat membantu menurunkan berat badan hingga mempertahankannya selama setahun. 

    Hasil ulasan yang dipublikasikan dalam Annals of Internal Medicine ini melihat 45 studi yang meneliti 11 program penurunan berat badan komersial. Menurut para periset yang dipimpin oleh Johns Hopkins University, rencana program yang paling efektif adalah Jenny Craig dan Weight Watchers. Keduanya merupakan program diet yang banyak digunakan di luar negeri. 

    “Dari seluruh program yang kami teliti, hanya Weight Watchers dan Jenny Craig yang mencapai penurunan berat signifikan yang bertahan selama 12 bulan dalam banyak studi,” urai Kimberly Gudzune, MD, MPH, penulis studi dan asisten profesor di Johns Hopkins University School of Medicine
     
    Setelah setahun, mereka yang menjalani program Weight Watchers kehilangan lebih 2,6 persen berat badannya dibandingkan dengan kelompok kontrol yang mendapatkan konseling. Sementara mereka yang menjalani program Jenny Craig turun 4,9 persen lebih banyak dibandingkan kelompok kontrol. 
     
    “Karena berat badan awal dapat mempengaruhi jumlah kilogram yang turun, komunitas medis memfokuskan pada persentase dari penurunan berat guna menyamakan posisinya,” terang Dr. Gudzune. 
     
    Untuk studi ini, hal tersebut diterjemahkan menjadi rata-rata penurunan berat badan selama 12 bulan, setidaknya 3,6 kg untuk partisipan Weight Watchers dan 6,8 kg untuk responden Jenny Craig. Perlu diingat bahwa penurunan berat badan yang diharapkan dari program ini, bisa lebih banyak atau lebih sedikit tergantung pada berat badan awal. 
     
    Para peneliti tidak terkejut dengan dua program ini yang terbilang efektif. Keduanya, disebutkan Dr. Gudzune, memasukkan dukungan sosial (seperti coaching), struktur, dan melakukan kontak, serta sesi konseling, yang sudah diketahui membantu mereka dalam menurunkan berat badan. Sementara pada program Jenny Craig juga mencakup makanan yang sudah siap. 
     
    Di sisi lain, Nutrisystem juga memberikan harapan. Program tersebut membantu berat badan mereka turun 3,8 persen lebih dalam waktu tiga bulan dibandingkan kontrol. Namun, Dr. Gudzune dan koleganya ingin melihat bagaimana mereka yang menjalani diet ini dalam setahun. “Tujuannya adalah agar berat badan turun sekaligus mempertahankannya guna membantu mengontrol tekanan darah, mencegah terjadinya diabetes dan memperbaiki profil kolesterol,” lanjutnya. 
     
    Sementara itu, diet Atkins menunjukkan hasil yang beragam. Dalam enam bulan mereka kehilangan 6,8 persen lebih berat badannya dibandingkan dengan kelompok kontrol. Tetapi pada akhirnya hanya mencapai 0,1-2,9 persen penurunan dalam 12 bulan. 
     
    Pengelolaan kesehatan OPTIFAST dan SlimFast, rencana pengganti makanan dengan kalori sangat rendah menunjukkan pergeseran penurunan berat badan pada tiga bulan pertama. Dan program berbasis internet, seperti Biggest Loser Club, eDiets, dan Loselt! dijumpai tidak lebih efektif daripada kelompok kontrol. 
     
    Meskipun Weight Watchers dan Jenny Craig secara jelas lebih berhasil dibandingkan sembilan diet lain yang diteliti, keduanya sama-sama memilki kekurangan, yaitu biaya. Jenny Craig menghabiskan biaya 570 dolar AS (sekitar Rp 7,4 juta) per bulan sementara Weight Watcher perlu mengeluarkan uang sebesar 43 dolar AS (sekitar Rp 560 ribu) per bulan. Program lainnya yang diteliti juga tidak murah. Berkisar dari gratis hingga 682 dolar AS (sekitar Rp 8,87 juta) sebulan! 
     
    Sebelum terkaget-kaget, pertimbangkan apa saja yang termasuk dalam biaya tersebut. Weight Watchers misalnya, memberikan platform online serta sesi kelompok dan Anda harus membeli makanan sendiri. Di sisi lain, Jenny Craig memberikan sesi konseling dan semua makanan yang Anda konsumsi selama sebulan.

     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.