• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 25 Januari 2022

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    TNI AD Terjunkan Personil Bantu Masyarakat Barai
    LEX | Jumat, 31 Januari 2014 | 14:03 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    TNI
    Personil TNI AD Mambuat Tanggul Pengaman

     

     

    Ende, Flobamora.net – Gelombang pasang yang menghantam Dusun Barai, Desa Borokanda, Kecamatan Ende, Kamis (30/1) mendorong TNI AD menerjunkan sejumlah personilnya untuk membantu menangani korban abrasi pantai di dusun itu.

     

    Selain membantu mengevakuasi barang-barang milik warga, personil TNI AD ikut membantu membangun tanggul pengaman sementara, dengan menggunakan kantong-kantong karung yang berisikan pasir.

     

    Dipimpin langsung Dandim 1602 Ende, Letkol Kaveleri Tri Handoko , sejumlah personil TNI AD bersama warga setempat melakukan penyusunan karung-karung untuk menahan derasnya hantaman gelombang.

     

    Tri Handoko mengatakan, setelah mendengar adanya bencana ini, pihaknya langsung memerintahkan anggota untuk segera membantu memberikan evakuasi dan melakukan kerja sama membangun tanggul penahan yang terbuat dari karung-karung yang diisi dengan tanah atau pasir.

     

    “Segera setelah mendengar ada bencana saya perintahkan untuk membantu warga .Saya turunkan personil dari Kompi C Ende dan juga dari Kodim 1602 Ende . kami berusaha membantu mereka dengan mengevakuasi barang-barang dari rumah dan membangun tanggul pengaman” katanya.

     

    Menurutnya, apa yang sudah di lakukan personil TNI AD ini merupakan bentuk sebuah Operasi militer  yang harus  dilakukan , selain operasi militer perang tentunya. Karena itu personil TNI  AD siap diterjunkan kemana saja dan kapan saja  dalam keadaan bancana apapun, karena ini adalah salah satu operasi militer  diluar perang yang menjadi kewajiban dan tanggung jawab TNI AD.

     

    Berkaitan dengan penanganan Bencana, Kepala BPBD Ende Subhan Wanda pada kesempatan berbeda  mengatakan, untuk sementara penanganan darurat dengan melakukan pembuatan tanggul dengan menggunakan karung, yang kini tengah di lakukan  TNI AD bersama warga.

     

    Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Pusat untuk penanganan abrasi ini, “Kita sudah omong dan laporkan ke BPN Pusat dan jawaban mereka, untuk sementara gunakan dana yang ada dahulu sambil menunggu bantuan dari Pusat” katanya.

     

    Sekretaris Desa Borokanda Pua pada kesempatan ini mengatakan, pihaknya mendesak pemerintah  untuk segera memikirkan nasib warga di pesisir pantai ini. Ke depan dalam jangka panjang apakah bisa di relokasi jika demikian kendala utamanya adalah tidak memiliki lahan untuk rumah tinggal.

     

    “Untuk sementara kita fokuskan pada penanganan jangka pendek dulu, bagaimana membuat bronjong atau tembok penyokong,”kata Pua.

     

    Menurutnya, pemerintah daerah memberikan masa tanggap darurat selama tiga hari. Selain itu bantuan ayang sudah diturunkan berupa, Seprei, peralatan dapur , mie instan, ikan kaleng, terpal, matras untuk tidur dan beberapa peralatan lainnya termasuk memberikan beras sebanyak 50 Kg pada hari pertama pascabencana  ini.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2022 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.