• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 04 Juni 2020

     

     
    Home   »  Nasional
     
    Ini Kata Zulkifli Tentang Pidato Jokowi...
    ANA DEA | Jumat, 05 Juni 2015 | 18:15 WIB            #NASIONAL

    Ini
    Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, saat menggelar konferensi pers seusai penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I PAN di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (7/5/2015). KOMPAS.com/ABBA GABRILLIN

     

    LAMPUNG - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menganggap kesalahan penyusunan pidato Presiden Joko Widodo saat peringatan hari Pancasila merupakan kesalahan "fatal". Saat itu, Jokowi menyebut Presiden pertama Soekarno lahir di Blitar.

     

    "(Kesalahan penyusunan pidato) termasuk kesalahan yang tidak dapat dimaafkan," kata Zulkifli saat dihubungi, Jumat (5/6/2015), seperti dikutip Antara.

     

    Menurut Ketua Umum PAN itu, kesalahan itu sepatutnya menjadi tanggung jawab tim yang menyiapkan pidato presiden. 

     

    "Tentu ini menjadi tanggung jawab tim yang menyiapkan Pidato Presiden," ujarnya.

     

    Pidato Jokowi ketika memperingati hari Pancasila di Blitar, Senin (1/6/2015), ramai dibicarakan di media sosial. Sambil membaca lembaran kertas, Jokowi menyebut Blitar sebagai kota kelahiran Bung Karno.

     

    "Setiap kali saya berada di Blitar, kota kelahiran proklamator kita, bapak bangsa kita, penggali Pancasila, Bung Karno, hati saya selalu bergetar," kata Jokowi setelah menyapa para hadirin.

     

    Sukardi Rinakit, penulis teks pidato itu, sudah menyampaikan permintaan maaf atas kesalahannya memberikan informasi kepada Jokowi.

     

    "Kesalahan tersebut sepenuhnya adalah kekeliruan saya dan menjadi tanggung jawab saya," ujar Sukardi dalam pernyataan pers yang diterima, Kamis (4/6/2015) malam.

     

    Menurut Sukardi, saat penyusunan naskah itu, presiden sempat memastikan lokasi kelahiran Bung Karno. Ketika itu, Jokowi menyebut bahwa lokasi kelahiran Bung Karno yang diketahuinya ada di Surabaya.

     

    "Presiden waktu itu meminta saya untuk memeriksa. Karena seingat beliau Bung Karno lahir di Surabaya. Tanpa memeriksa lebih mendalam dan seksama, saya menginformasikan kepada Presiden bahwa Bung Karno lahir di Blitar," ucap Sukardi.

     

    Pria yang sudah sejak kampanye lalu menulis teks pidato bagi Jokowi itu mengaku menggunakan situ Tropenmuseum.nl, yang menyebutkan bahwa Bung Karno lahir di Blitar.


     


    Sumber: nasional.kompas.com
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.