• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 02 Desember 2020

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Wabup Djafar Temukan Barang Kadaluarsa
    ALEX | Kamis, 18 Juni 2015 | 14:15 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Wabup
    Wabup Djafar Achmad saat melakukan pemantauan ketersediaan sembako

     

     

    Ende, Flobamora.net - Wakli Bupati Ende Djafar Achmad mendapatkan banyak pengusaha maupun pedagang masih menjual makanan dan minuman yang sudah kedaluwarsa.

     

    Penemuaan tersebut saat Wabup Djafar melakukan inspeksi harga sembako di pasar tradisional maupun toko-toko sembako di Kota Ende, Kamis (18/6).

     

    Seperti disaksikaan di salah satu toko yang terletak di Kompleks Pasar Mbongawani. Di tempat itu ditemukan banyak makanan terutama makan ringan yang sudah melewati batas waktu penjualan atau kadaluwarsa.

    "Di toko tersebut hampir setiap kali kita temukan makanan kadaluwarsa saat lakukan operasi seperti ini. Sekarang pun kita temukan lagi di toko yang sama," ujar Abdurahman salah seorang anggota SatPol PP.

     

    Beberapa barang makan dan juga minuman sudah melampaui masa berlakunya berkisar antara dua hingga lima bulan. Bahkan ketika ditemukan masa berlakunya sudah melampaui enam bulan.

    Kepada Flobamora.net, Wabup Djafar mengatakan pemantauan yang dilakukan kali ini untuk mengetahui dan memonitor harga di pasaran apakah naik atau stabil.

    "Memasuki bulan Ramadhan kita lakukan pantauan harga di pasar dan di toko-toko untuk mengetahui harga, apakah ada kenaikan atau tidak saat bulan puasa ini," ucapnya.

     

    Dia mengakui,  dalam pantauan tersebut  ditemukan barang makanan dan minuman yang sudah habis masa berlaku namun tetap dijual.

    Dia menambahkan, barang yang diduga kadaluarsa langsung diambil sampelnya untuk diteliti lebih lanjut di Balai Pos POM Ende. Sementara sisanya diperintahkan untuk ditarik dari penjualan dan selanjutnya pemiliknya akan diberi pembinaan.

    "Kita masih lakukan pembinaan.Jika barang yang kita temukan belum ditarik dan dilakukan pembinaan tetapi tidak digubris, kita akan sita dan  akan dimusnahkan. Sementara  pemiliknya akan diberi sanksi hukum, "ujarnya.

     

    Untuk sementara, kata dia, masih sebatas memperingatkan pemiliknya segera menarik barang kadaluwarsa dari penjualan.

    Selain melakukan pemantauan di Pasar Mbongawani dan juga pertokoan , wabup bersama instansi terkait dari Kepolisian Sektor , Polres Ende, Babinsa, Disperindag, Pos Pom, Dinas Kesehatan juga melakukan peninjauan di Pasar Wolowona dan gudang sembako di Ippi.

    Dari pantauan, harga sembako stabil menyongsong bulan puasa.”Kita akan terus pantau tiap hari, jangan sampai saat kita tanya bilang stabil, namun ketika pergi harga naik," katanya.

     

    Wabup Djafar berjanji akan menugaskan stafnya untuk selalu memantau harga dan ketersediaan sembako di pasar-pasar tradisional dan pertokoan. ***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.