Warning: ob_start(): output handler 'ob_gzhandler' conflicts with 'zlib output compression' in /home/flobamor/public_html/media.php on line 2
Tahun Ini Pembangunan Waduk Raknamo Dimulai


  • LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 24 Januari 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Tahun Ini Pembangunan Waduk Raknamo Dimulai
    RISKY R | Rabu, 05 Februari 2014 | 11:53 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Tahun
    Charisal A.Manu

     
    Kupang, Flobamora.net - Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara II, mulai tahun 2014  ini akan mulai membangun Waduk Raknamo di Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang,untuk mengatasi permasalahan persediaan air baku bagi ibu kota kabupaten itu di Oelamasi dan mendukung pengembangan daerah irigasi Naibonat.

    Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II, Charisal A.Manu kepada wartawan di Kupang, Rabu (5/2) menjelaskan, rencana tersebut telah mendapat persetujuan Kementerian Pekerjaan Umum untuk pengembangan dataran Naibonat yang sudah ditetapkan sebagai pusat pengembangan ibu kota Kabupaten Kupang.

    "Di kawasan itu, ada sekitar 2.668 hektare lahan areal potensial untuk dikembangkan menjadi sawah dan lahan eksisting seluas 1.259 hektare, yang hanya jadi tegalan dan ladang jagung di musim hujan," katanya.    

    Menurutnya, layanan spulai air baku dari Waduk Raknamo ini akan mencakup Kelurahan Naibonat, Desa Raknamo dan Desa Manusak. Sedangkan areal irigasi juga mencakup tiga wilayah tersebut hingga ke Desa Nunkurus dan beberapa desa sekitarnya.

    Dia menjelaskan, studi kelayakan untuk pembangunan Waduk Raknamo ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2003 lalu termasuk studi AMDAL. Sementara dana pembangunannya melalui APBN dan pinjaman Luar Negeri Tahun Anggaran 2014 - 2017 senilai Rp 550 miliar.

    "Waduk Raknamo ini menurut rencananya berkapasitas tampung 14,09 juta meter kubik dan penyediaan air bersih untuk ibu kota Kabupaten Kupang 100 liter pe detik," ucapnya.

    Dia menambahkan, rencana pembangunan waduk tersebut sudah mendapat dukungan penuh dari Pemerintah kabupaten Kupang dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, karena waduk tersebut dinilai sangat bermanfaat untuk penampungan air hujan di  musim hujan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber air di musim kemarau.

    Kata dia, pihaknya juga sedang memperjuangkan ke Kementerian Pekerjaan Umum tentrang rencana pembangunan Waduk Manikin di Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, untuk penyediaan air baku untuk Kota Kupang setelah terkatung-katungnya  rencana pembangunan Waduk Kolhua,karena belum tuntasnya pembebasan lahan oleh pemerintah setempat.***    

     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.