• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Jumat, 30 Oktober 2020

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Disperindag Sikka Sita Puluhan Kilogram Merica Palsu
    VICKY DA GOMEZ | Minggu, 05 Juli 2015 | 17:25 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Disperindag
    Merica palsu yang disita Disperindag Sikka

     

     

    Maumere, Flobamora.net - Peredaran merica palsu di Kabupaten Sikka semakin meresahkan masyarakat. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sikka pun langsung melakukan razia di Pasar Tingkat Maumere, Sabtu (4/7). Petugas dinas berhasil menyita puluhan kilogram merica palsu yang siap dijual.

               

    Merica palsu yang disita itu diambil dari sejumlah pedagang. Merica-merica palsu itu sudah dalam bentuk kemasan plastik sesuai harga masing-masing. Yang disita adalah enam kemasan seharga Rp 1.000, 49 kemasan seharga Rp 2.000, 19 kemasan seharga Rp 5.000, dan sembilan kemasan seharga Rp 10.000.

               

    Informasi dari para pedagang, merica-merica palsu ini dibeli dari distributor merica di Maumere. Petugas pun langsung menuju alamat distributor yang terletak di belakang Toko Bogadharma Maumere. Dari distributor tunggal ini disita lagi 5,5 kilogram merica palsu yang siap edar. Diketahui distributor ini memasukkan merica dari Surabaya.

               

    Kepala Dinas Perindag Kabupaten Sikka, Kensius Didimus yang dikonfirmasi terkait peredaran merica palsu mengakui informasi peredaran merica palsu sudah berlangsung lama. Pihaknya langsung turun ke lapangan untuk mencari tahu kebenarannya. Dan terbukti, dari razia yang dilakukan ditemukan merica palsu yang siap diedarkan ke tengah masyarakat.

               

    Merica palsu yang disita ini rencananya akan dibawa ke Pos Pengendalian Obat dan Makanan di Kabupaten Ende untuk dilakukan uji coba laboratorium. Setelah ada hasil uji coba laboratorium, barulah Disperindag Sikka akan mengambil sikap tegas terhadap pengedar merica palsu.

     

    Didimus mengingatkan masyarakat untuk lebih hati-hati membeli merica di pasar. Jika menemukan peredaran merica palsu, dia berharap masyaraat segera melaporkannya ke Dsperinbdag Sikka.

               

    Salah seorang staf Disperindag Kabupaten Sikka yang ikut razia mengatakan jika dilihat secara kasat mata hampir tidak ada perbedaan antara merica yang asli dan merica yang palsu. Namun kalau dilihat lebih detail, merica asli warnanya kuning kehitaman sedangkan merica palsu warnanya agak kuning. Para pedagang biasa menyiasati merica palsu ini dengan sebutan merica putih.

     

    Selain itu, jelasnya, rasa pada merica palsu sangat tawar, jauh berbeda dengan merica asli. Sepertinya merica palsu ini terbuat dari kapur. Flobamora.net sempat mencoba merica palsu dan sama sekali tidak ada rasa sebagaimana merica asli.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.