• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 25 November 2020

     
    Home   »  Travel
     
    Taj Mahal, India
    YOHANES LANGGAR BILLY | Rabu, 05 Februari 2014 | 16:59 WIB            #TRAVEL

    Taj
    Dok/Web - Situs Warisan Dunia

     

     

    Flobamora.net - Taj Mahal adalah milik paling berharga kesenian Muslim di India dan merupakan satu dari maha karya warisan dunia yang dikagumi secara luas. Taj Mahal adalah bangunan yang sangat besar berisi makam yang indah yang terbuat dari batu pualam putih. Bangunan makam ini didirikan di Agra antara 1631 dan 1648 oleh ordo Kaisar Mughal, Shah Jahan, untuk mengenang istri ketiganya yang sangat dicintainya.

     

    Keberhasilan dan kemasyuran Taj Mahal sedikit dipengaruhi juga oleh situasi-situasi yang menyentuh pada masa-masa pembangunannya.  Untuk mengenang istrinya, Mumtaz Mahal, yang wafat pada 1632, Shah Jahan memerintahkan untuk mendirikan masjid makam ini.

     

    Pembangunannya dimulai pada 1632 dan selesai pada 1648. Dari ceritera-ceritera yang beredar dipercaya bahwa pembangunan Taj Mahal dikerjakan tim internasional yang terdiri dari ribuan tukang batu, ahli batu pualam, ahli mosaik, tukang cat yang berada dalam pengawasan arsitektur kaisar, Ustad Ahmad Lahori yang menggunakan bahan bangunan dari seluruh penjuru India dan Asia Tengah.

     

    Darwaza atau bangunan pintu gerbang, selesai pada 1648. Pintu gerbang bangunan ini memiliki tiga tingkat yang terbuat dari batu pasir merah dengan pintu tengah berbentuk kurva melengkung yang berdiri menjulang tinggi dan kokoh dan diapit oleh bangunan-bangunan berlantai dua pada kedua sisinya. Tembok-temboknya diukir dengan ayat-ayat Alquran dengan kaligrafi hitam. Pavilium-paviliumnya yang berbentuk kuba kecil pada bagian atas bergaya Hindu dan melambangkan kerajaan. Pintu gerbangnya pada awalnya dilapisi perak, sekarang diganti dengan tembaga dan dihiasi dengan seribu paku yang bagian kepalanya ditaburi koin-koin perak kontemporer.

     

    Bageecha, atau taman, dirancang bergaya klasik char-bagh Mughal. Kedua kanalnya yang diapit oleh pohon-pohon cemara pada kedua sisinya membagi tamannya menjadi empat bagian yang sama besarnya. Tamannya dirancang sebegitu rupa untuk mempertahankan ukuran simetris yang sempurna.

     

    Taj Mahal berdiri dengan megahnya di bagian utara taman dengan dua unsur. Yang pertama adalah unsur batu pasir dan di atasnya terdapat platform berbentuk bujur sangkar dengan lantai berpola bujur sangkar yang dilapisi dengan satu batu pualam putih yang sangat besar. Pada ke empat sudut bangunan terdapat menara masjid.

     

    Pada dua sisi gedung utama terdapat dua bangunan yang identik; yang di sebelah barat adalah masjid, yang membuat tempat itu menjadi sakral dan sekaligus menyediakan tempat untuk beribadah. Rauza, bangunan makam besar itu sendiri, berbentuk bujur sangkar dengan sudut-sudut yang agak miring. Setiap sudut memiliki kubah kecil sementara di bagian tengah terdapat kubah berukuran dua kali lebih besar dari kubah-kubah di pojok bangunan dan dilapisi oleh hiasan kuningan pada puncak menara. Ruang utama bangunan berbentuk oktagon (segi delapan) dengan langit-langit yang sangat tinggi. Di dalam ruang utama ini terdapat makam tiruan Mumtaz dan Shah Jahan, yang kedua-duanya dilapisi batu-batu berharga. Makam-makam aslinya berada di lantai bawah.


     


    Sumber: The World`s Heritage, UNESCO 2011, p 154
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.