• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 25 Oktober 2021

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Sembilan Korban Meninggal Lakalantas Mudik Lebaran
    ALBERTUS | Rabu, 15 Juli 2015 | 13:10 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Sembilan
    Ilustrasi logo jasa raharja

     

     

    Kupang, Flobamora.net -  Sesuai data yang dihimpun PAM Lebaran 1436 Hijriah Tahun 2015 PT Jasa Raharja (Persero) Cabang NTT, hingga H- 3 Lebaran sebanyak 69 korban kecelakaan lalulintas (Lakalantas), dimana sembilan orang diantaranya meninggal dunia dan 60 orang luka- luka.

     

    Kepala PT Jasa Raharja (Persero) Cabang NTT, Samuel Winarko Talahatu sampaikan ini kepada wartawan di kantornya, Rabu (15/7) menjelaskan,  dari jumlah yang meninggal tersebut, hanya tiga orang saja yang mendapat santunan Jasa Raharja.

     

    Ketiganya adalah pejalan kaki yang ditabrak oleh sepeda motor. Sedangkan enam korban meninggal lainnya tidak terjamin santunan karena lakalantas tunggal, yakni seorang pengendara sepeda motor menabrak sapi dan sisanya adalah korban yang menumpang truk barang.

     

    “Sesuai Undang- Undang, kita tidak bisa memberi santunan kepada korban lakalantas tunggal dan mereka yang menumpang bukan angkutan penumpang. Setiap korban meninggal mendapat santunan senilai Rp25 juta,” kata Samuel.

     

    Dia menyampaikan, sebanyak 25 orang mengalami luka- luka yang saat ini sedang mendapat perawatan di rumah sakit. Kepada mereka baru akan diberi santunan setelah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah. Namun santunan perawatan yang diberikan kepada masing- masing korban maksimal Rp10 juta. Untuk mendapatkan santunan, harus mendapat keterangan lakalantas dari kepolisian dan kuitansi dari rumah sakit.

     

    Dia menjelaskan, berkaitan dengan PAM Lebaran 2015, PT Jasa Raharja melaksanakan sejumlah kegiatan, antara lain membuka pos- pos pelayanan kesehatan gratis di delapan terminal mulai dari tangga 11 sampa 24 Juli. Pelayanan kesehatan secara mobile dengan menggunakan mobil unit keselamatan lalulintas di beberapa titik penumpang, seperti terminal bus Fatululi, terminal bus Noelbaki, pelabuhan Laut Bolok, dan Pelabuhan Laut Tenau.

     

    Pemasangan 75 spaduk di beberapa lokasi yang berada di wilayah NTT yang berfungsi sebagai upaya pencegahan kecelakaan secara dini. Melaksanakan pembayaran santunan atas korban lakalantas yang terjadi selama H- 7 sampai H+ lebaran yang rencananya akan dilaksanakan pada 22 Juli sampai 29 Juli 2015.

     

    “Kami juga memberikan bantuan hibah sarana penanggulangan kecelakaan kepada mitra kerja terkait dalam rangka pasca pencegahan kecelakaan secara dini antara lain kepada Polda NTT, Dinas Perhubungan, PT ASDP, dan PT Pelni. Hibah yang diberikan berupa barikade, traffic cone, rompi, jas hujan, life jaket, life boy, senter lalulintas, tenda, dan alat tes alkohol,” papar Samuel.

     

    Koordinaor PAM Lebaran 2015 PT Jasa Raharja, Johan Karel menjelaskan, pelayanan kesehatan ini sebenarnya difokuskan untuk para penumpang dan awak kendaraan. Bila masyarakat juga ingin mendapat pelayanan dimaksud, tetap dilayani. Dalam pelayanan ini, ada dua dokter yang disiapkan. Mereka yang mendapat pemeriksaan, tidak hanya mendapatkan pelayanan dari dokter dan obat- obatan, tapi juga vitamin.

     

    Johan menambahkan, pelayanan kesehatan di Terminal Noelbaki, Kabupaten Kupang sebanyak 58 orang yang diperiksa. Sedankan di pelabuhan Tenau, Kupang sebanyak 96 orang yang diperiksa.

     

    “Para penumpang yang memeriksakan kesehatan ini, lebih banyak mereka yang hendak berangkat. Pemeriksaan ini sangat diharapkan agar stamina mereka membaik ketika berangkat menggunakan angkutan penumpang yang tersedia,” ujarnya.***


     




    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.