• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 21 September 2019

     

     
    Home   »  Travel
     
    Kapal Pesiar Australia Gagal Sandar di Ende
    LEX | Kamis, 06 Februari 2014 | 20:48 WIB            #TRAVEL

    Kapal
    Kapal Artania.Dilihat dari Kejauhan (Foto : Arlan Sa Ate)

     

    Ende, Flobamora.net- Sebuah kapal pesiar asal Australia bernama Artania, yang diperkirakan bermuatan 930 penumpang yang terdiri dari para wisatawan mancanegara dan 205 ABK  , Kamis (6/2) gagal lego jangkar di Pelabuhan Ende maupun Pelabuhan Ipi.

     

    Belum diketahui alasan mengapa kapal pesiar yang cukup mewah itu belum sandar di pelabuhan.Hingga pukul 14.21 Wita kapal pesiar yang cukup besar ini masih berlabuh di tengah laut di perkirakan 3 km dari dermaga pelabuhan Ipi.

     

    Beberapa warga yang di temui di pelabuhan Ende mengatakan, pada pagi hari, Kamis (6/2)  kapal yang masih samar namanya sudah menuju ke Pelabuhan Ende, tapi entah mengapa setelah melakukan manuver akhirnya tidak jadi lego jangkar di Pelabuhan Ende. Diduga , Pelabuhan Ende tidak bisa disandari  kapal yang diperkirakan panjangnya melebihi dermaga.

     

    “Mungkin juga karena Dermaga Ende terlalu kecil sehingga kapal tidak bisa sandar. Atau mungkin sebab lain seperti arus  . kami tidak tahu, karena tiba-tiba ia berbalik arah dan menuju ke pelabuhan Ipi” kata Muhamad yang mengaku sopir travel yang sedang mangkal di dermaga Ende  guna menawarkan jasa kepada para turis tersebut.

     

    Sementara itu beberapa warga juga menduga karena di pelabuhan Ende kondisinya kurang memungkinkan , dan terkesan kotor sehingga mereka memilih untuk berlabuh di Pelabuhan  Ipi.

     

    Belum ada sumber resmi yang memberikan penjelasan terkait dengan batalnya kapal pesiar yang cukup mewah itu berlabuh di Pelabuhan Ende.

     

    Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Marni Kusuma ditemui di gedung DPRD Ende, Kamis (6/2) mengatakan, tidak mengetahui secara pasti alasan mengapa kapal pesiar tersebut belum mau berlabuh di elabuhan baik Pelabuhan Ende maupun Pelabuhan Ipi.

     

    Dia menyebutkan, Pemerintah Daerah sudah menyiapkan sarana yakni pelabuhan, namun mengapa tidak sandar dirinya mengatakan tidak tahu pasti.

     

    Pantauan Flobamora.net sekitar pukul 13.00 Wita kapal  pesiar tersebut parkir jauh dari dermaga Ipi. Belum di ketahui sampai kapan. Sementara salah satu sekoci tengah merapat ke darat, dan belum di ketahui untuk apa.

     

    Namun dari beberapa perbincangan diketahui tengah melakukan survei lokasi untuk disandari kapal mengingat saat itu bongkar muat barang di pelabuhan cukup ramai dimana terdapat tiga buah kapal yang sedang melakukan aktivitas.

     

    Beberapa warga di temui di lokasi pelabuhan Ipi menyayangkan jika kapal tersebut benar-benar tidak sandar. Karena mereka sudah menyiapkan jualan berupa cendra mata dan juga kain-kain tenunan. Juga beberapa sopir travel sudah bersiap untuk menghantar para turis untuk melakukan city tour di kota Ende.Seperti yang dilihat hingga pukul 14.30 Wita kapal tersebut masih berada di lepas pantai dekat Pelabuhan Ipi Ende.***

     


     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.