• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 27 Februari 2020

     

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Pengelolaan Parkiran di Sikka Dihentikan Sementara
    VICKY DA GOMEZ | Senin, 10 Agustus 2015 | 14:24 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Pengelolaan
    Kadis Hubkominfo Sikka, Thomas Ola Peka (paling kiri) dan Direktur CV Permata Hijau Sirilus Mbabho (kanan) saat rapat dengar pendapat dengan DPRD setempat

     

    Maumere, Flobamora.net - Pengelolaan parkiran kendaraan bermotor di wilayah Kabupaten Sikka dihentikan untuk sementara waktu. Penghentian ini berlaku per Senin (10/8), sambil menunggu penyempurnaan kontrak kerja yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sikka.

               

    Demikian salah satu kesimpulan yang dihasilkan pada rapat dengar pendapat antara DPRD Sikka, Dishubkominfo, dan pengelola parkir yang berlangsung di Gedung DPRD Sikka, Senin (10/8).

     

    Rapat dengar pendapat ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Sikka Donastus David, dihadiri Kadis Hubkominfo Thomas Ola Peka, dan Direktur CV Permata Hijau Sirilus Mbabho.

               

    Pengelolaan parkiran ini dihentikan sementara karena dokumen kontrak kerja yang sudah ditandatangani Kadis Hubkominfo dan Direktur CV Permata Hijau dipandang bertentangan dengan Peraturan Daerah Kabupaten Sikka Nomor 11 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum.

               

    Selain itu, dokumen kontrak kerja ini juga mesti disempurnakan karena tidak memuat hal-hal prinsip seperti tarif parkiran. Karena tidak ada tarif parkiran yang termuat dalam dokumen kontrak kerja, Ketua Fraksi PKP Indonesia Alfridus Melanus Aeng mengkhawatirkan pihak ketiga selaku pengelola parkiran bebas menetapkan tarif parkir semaunya saja.

               

    Tarif parkiran yang ada di dalam dokumen kontrak kerja mengacu kepada Peraturan Bupati Nomor 12 Tahun 2015, di mana kendaraan roda dua dipungut Rp 1.000 per sekali parkir, dan kendaraan roda empat ke atas Rp 2.000 per sekali parkir.

     

    Padahal menurut Perda Nomor 11 Tahun 2011 tarif parkir adalah Rp 500 untuk roda dua per sekali parkir dan Rp 1.000 untuk roda empat ke atas per sekali parkir. DPRD Sikka menilai Perbup Nomor 12 Tahun 2015 bertentangan dengan Perda Nomor 11 Tahun 2011.

               

    Kadis Hubkominfo Thomas Ola Peka mengakui dokumen kontrak kerja masih mengalami kelemahan, dan karena itu perlu disesuaikan kembali. Dia meminta waktu dua minggu untuk melakukan penyempurnaan. Untuk penyempurnaan, rencananya Dishubkominfo akan berkoordinasi dengan Badan Legislasi DPRD Sikka dan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

               

    Ola Peka juga meminta rekomendasi tertulis dari DPRD Sikka tentang penyempurnaan dokumen kontrak kerja, sekaligus keputusan untuk memberhentikan sementara pengelolaan parkiran kendaraan bermotor di Kabupaten Sikka.

               

    Sebagaimana diketahui, dokumen kontrak kerja sudah ditandatangani sejak Sabtu (1/8) yang lalu. Penandatanganan kontrak kerja ini sempat membuat berang anggota DPRD Sikka, karena sebelumnya DPRD Sikka meminta agar kontrak kerja jangan dulu ditandatangani karena masih ada banyak hal yang perlu didiskusikan kembali antara DPRD dan Dishubkominfo.

               

    Sikap DPRD Sikka ini mencuat setelah mengetahui target penerimaan daerah dari retribusi parkiran kendaraan bermotor dinilai terlalu kecil. Selain itu juga karena secara politis pengelolaan parkiran dipercayakan kepada tim sukses Bupati dan Wakil Bupati Sikka yang sekarang.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.