• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 11 Desember 2018

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Gunakan Listrik Sehen, Warga Teluk Maumere Mengaku belum Merdeka
    VICKY DA GOMEZ | Rabu, 19 Agustus 2015 | 21:18 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Gunakan
    Kepala Desa Kojadoi Kecamatan Alok Timur Hanawi

     

    Maumere, Flobamora.net - Listrik atau penerangan lampu merupakan salah satu kebutuhan dasar warga masyarakat. Tapi di hampir semua kawasan Gugus Teluk Maumere, penduduknya menggunakan listrik dari sehen yang dianggap belum layak. Warga di sana mengeluh, seolah-olah mereka belum merdeka ketika usia negara ini sudah mencapai 70 tahun.

               

    Kepala Desa Kojadoi Kecamatan Alok Timur Hanawi misalnya. Dia mengeluhkan pelayanan listrik sampai ke daerah-daereh terpencil di Gugus Teluk Maumere. Selama bertahun-tahun warga masyarakat hanya menikmati listrik dari sehen. Penerangan model ini, akunya, masih sangat tidak layak karena banyak sekali keterbatasan.

               

    “Dari kebutuhan pendidikan misalnya, anak-anak tidak bisa belajar malam karena sehen tidak mendukung penerangan yang baik dan pantas. Cahayanya kabur sekali, sangat mengganggu, mata anak-anak bisa rusak. Belum lagi dari aspek yang lain-lain seperti kebutuhan akan informasi,” alasannya.

               

    Di Kojadoi, lanjut Hanawi, sebagian besar menggunakan listrik dari sehen, kecuali beberapa warga saja yang memiliki fasilitas genset. Terkadang anak-anak sekolah numpang belajar pada rumah penduduk yang memiliki genset.  

               

    Hal senada disampaikan Donatus Dopeng, warga Dusun Lebentour. Kepala SDN Lebentour ini mengatakan dulu disiasati dengan listrik tenaga surya, namun tidak bertahan lama karena kapasitas yang tidak mendukung. Setelah itu warga memanfaatkan genset, namun ini juga tidak bertahan karena biaya operasional yang cukup besar.

               

    “Sudah berapa tahun ini kami pakai sehen, tapi suram sekali. Yah, mau tidak mau fasilitas ini saja yang kami gunakan, karena tidak ada solusi yang lain lagi,” ujarnya.

               

    Baik Hanawi, Donatus Dopeng, maupun sebagian besar warga di Teluk Maumere mengharapkan perhatian lebih dari pemerintah kepada daerah-daerah terpencil yang belum mendapatkan penerangan yang layak. Mereka berharap ada kebijakan nasional yang dilakukan oleh Presiden Jokowi, sehingga warga di daerah terpencil pun pantas dilayani kebutuhan-kebutuhan dasar.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.