• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 20 Oktober 2019

     

     
    Home   »  Gaya Hidup
     
    `No Bra Day`, Ini Manfaatnya!
    ANA DEA | Rabu, 14 Oktober 2015 | 08:45 WIB            #GAYA HIDUP

    `No
    Ilustrasi

     
    FLOBAMORA.NET - Sebagai bentuk dukungan Breast Cancer Awareness sedunia di bulan Oktober, setiap tanggal 13 Oktober dikampanyekan juga No Bra Day atau Hari Tanpa Bra. Kegiatan yang dimulai sejak 2011 ini mengajak para wanita, untuk tidak memakai bra selama satu hari saja. Salah satu tujuannya untuk mendukung dan memberikan semangat kepada para breast cancer survivor di seluruh dunia.

    Lalu, adakah manfaat dari melepaskan bra? Jika dilihat dari hasil penelitian, penggunaan bra, apalagi yang tidak tepat ukuran, justru dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Padahal, selama bertahun-tahun para wanita diajarkan memakai bra untuk melindungi payudaranya.

     

    Belum lama ini, hasil penelitian yang dilakukan oleh  Profesor Jean-Denis Rouillon, dari University of Besancon, Perancis menunjukkan bahwa tak ada manfaaat berarti dari pemakaian bra, payudara wanita justru akan lebih sehat tanpa pemakaian bra yang berperan sebagai penyangga.

     

    Rouillon melakukan penelitian selama 15 tahun pada 330 wanita sebelum akhirnya sampai pada kesimpulan, bahwa bra bisa berbahaya bagi kesehatan payudara, karena bisa membuat payudara lebih gampang kendur, dan bahkan meningkatkan risiko nyeri punggung. “Dari segi medis, fisiologis, dan anatomi, payudara tidak mendapatkan manfaat apapun dari “penahanan” gravitasi,” ungkap Rouillon.

     

    Dalam penelitian ini, Rouillon juga menemukan adanya kenaikan puting sekitar  7 mm pada wanita yang rutin tidak memakai bra. Sebagian wanita yang menjadi partisipan dalam eksperimen ini menyatakan, bahwa tidak memakai bra mengurangi rasa sakit pada punggung.

     

    Namun, Rouillon mengaku takkan menyarankan para wanita untuk meninggalkan kebiasaan memakai bra yang sudah turun-temurun. Hanya saja, sebaiknya para wanita perlu memerhatikan dengan detil saat memilih bahan dan ukuran bra.

     

    Bisa dibilang, memilih bra yang tepat bukanlah hal mudah. Tak jarang ukuran lingkar dada sesuai, tapi ukuran cup terlalu besar. Intinya, hindari membeli bra selama Anda belum menemukan yang paling nyaman.

     

    Bra yang tidak tepat ukuran akan menyebabkan iritasi, terhalangnya sirkulasi darah, hingga dapat menambah beban kerja pada tulang punggung. Selain itu, jangan lupa mengganti bra dengan yang baru setiap enam bulan sekali. Hindari memakai bra dengan bentuk yang sudah berubah, karena pencucian atau penyimpanan yang salah.


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.