• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 22 September 2019

     

     
    Home   »  Nasional
     
    Jokowi: Kalau Izin Masih Berhari-hari, Enggak Usah Cerita ke Saya
    ANA DEA | Rabu, 21 Oktober 2015 | 17:40 WIB            #NASIONAL

    Jokowi:
    Presiden Joko widodo

     

    JAKARTA - Presiden Joko Widodo memberikan pemaparan mengenai pemangkasan perizinan yang perlu dilakukan pemerintah daerah. Jokowi sampai menampilkan contoh pemangkasan izin yang dilakukan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang sudah dipangkas setengahnya.

     

    Namun, dia menyebutkan apa yang dilakukan BKPM tak usah dicontoh, karena yang dibutuhkannya adalah pemangkasan izin menjadi hanya dalam hitungan jam.

     

    "Dulu izin listrik ada 49 izin, kalau gotong izin harus ada 200 lembar. Ini apa-apaan?" kata Jokowi dalam pertemuan dengan kepala daerah dan sejumlah menteri di Istana Negara, Rabu (21/10/2015).

     

    Semenjak dibentuknya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang ada di BKPM, perizinan listrik menjadi hanya 25 buah izin. Dari yang sebelumnya menghabiskan waktu 923 hari kii menjadi 256 hari. Jokowi juga menyebutkan pelayanan PTSP di bidang pertanian yang sebelumnya mencapai 751 hari untuk 20 izin.

     

    Sekarang, perizinan di bidang pertanian menjadi 182 hari untuk 12 izin. Di bidang perindustrian, dari yang sebelumnya 672 hari untuk 19 izin kini menjadi 152 hari untuk 11 izin.

     

    "Ini yang sudah dilakukan BKPM. Sudah dipotong, sudah dipangkas setengahya, ada yang seperempatnya. Makanya, saya bilang, yang kayak begini jangan ditiru! Kita mikirnya jam!" kata Jokowi.

     

    Seluruh peserta rapat yang hadir pun terdiam, termasuk Kepala BKPM Franky Sibarani yang ada dalam forum itu.

     

    "Enggak usah dipikir gimana caranya, enggak usah pikir soal komputer, IT, saya juga enggak ngerti. Panggil saja programmer, bilang saya mau jadi begini, sudah nanti akan jadi," kata dia.

     

    Semenjak dia menyebutkan bahwa yang diinginkannya saat ini adalah pemangkasan izin dalam hitungan jam, Jokowi mengaku para menteri kini tidak lagi memamerkan pemangkasan izin yang dilakukan di kementerian mereka.

     

    "Kalau mau cerita sama saya, ceritakan yang jam. Kalau masih berhari-hari, enggak usah cerita. Sekarang menteri kalau rapat sama saya, enggak ada lagi yang cerita," tutur Jokowi.

     

    Peserta rapat yang lainnya pun tergelak akan sindiran Jokowi itu, tak terkecuali para menteri yang hadir. Pertemuan Presiden dengan kepala daerah kali ini untuk mensosialisasikan kembali paket kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah, terutama soal pemangkasan izin dan penyerapan anggaran.

     

    Presiden berharap agar pemerintah daerah bisa melanjutkan upaya pemangkasan izin di pusat hingga ke daerah.

     

    "Jangan sampai di sini sudah berhari-hari, masuk ke daerah malah berbulan-bulan. Kalau begitu, nggak ada yang mau masuk ke sini," kata dia.


     

    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.