• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 16 September 2019

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Dua Situs Peninggalan Bung Karno akan Diserahterimakan
    LEX | Minggu, 16 Februari 2014 | 21:43 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Dua
    Patung Bung Karno di Bawah Pohon Sukun

     
    Ende, Flobamora.net - Dua situs yang merupakan tanggung jawab dari Yayasan Ende Flores yakni Situs Rumah Pengasingan Bung Karno dan Taman Permenungan akan diserahterimakan dari yayasan kepada Pemerintah Kabupaten Ende.

    "Penyerahan tersebut dilaksanakan, Senin 17 Pebruari 2014 bertempat di Istana Wakil Presiden RI," kata Bupati Ende Don Bosco M Wangge kepada Flobamora.net Sabtu (15/2).

    Menurutnya, penyerahan kedua situs dari Yayasan Ende Flores kepada Pemerintah Daerah karena sudah selesai pengerjaannya dan selanjutnya pemerintah daerah mengelola dan merawat kedua situs tersebut.

    Dia menjelaskan,kebetulan Wakil Presiden Boediono merupakan Ketua Dewan Pembina Yayasan Ende Flores, maka dilakukan di istana wakil presiden.

    Selanjutnya, ujaranya, pemerintah daerah bertanggung jawab untuk memelihara dan merawat situs tersebut sejak dilakukan serah terima.

    "Meski masih ada sedikit lagi perbaikan dan finisihing namun oleh Ketua Pembina Yayasan Ende Flores sudah dilakukan serah terima sehingga perawatan dan pemeliharaan sepenuhnya sudah bisa ditangani pemerintah daerah," katanya.

    Dia menyebutkan, masih ada satu bangunan yang ada di bibir pantai yang   harus di bongkar , karena tidak boleh menghalangai pandangan ke laut lepas dari Taman Permenungan. Namun karena masa kontrak rumah tersebut masih berjalan maka akan dilakukan pada saatnya.

    Dia menuturkan, masih ada delapan situs lagi yang ada di Kota Ende yang akan dikerjakan. Tetapi delapan situs tersebut tidak dibangun oleh pihak yayasan karena hanya membangun dua situs terdahulu.sedangkan delapan lainnya dananya berasal dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan . Salah satunya yang dibiayai adalah Alun-alun atau Lapangan Pancasila yang kini tengah dibangun.

    Dalam tahun 2014 ini juga akan direnovasi situs lainnya yakni Situs Gedung Imakulata, Katedral Ende dan Nusa Indah. Sementara sisanya yakni kubur Ibu Mertua Bung Karno yakni Ibu Amsi, Dermaga Ende, Kantor Polisi Militer dan Masjid Arabitha tempat Bung Karno menjalankan Sholat akan menyusul.

    “Semuanya akan dikerjakan bertahap oleh Kemendikbud. Dana untuk itu sudah ada namun berapa besarannya saya sudah lupa,” kata Wangge.

    Karena itu dia berharap warga masuyarakat bisa menjaga kelestarian dan keindahan situs-situs tersebut.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2019 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.