• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 29 November 2021

     
    Home   »  Siapa & Siapa
     
    Viktor Lerik dan Listrik Pintar
    ALBERTUS | Senin, 07 Desember 2015 | 13:34 WIB            #SIAPA & SIAPA

    Viktor
    Viktor Lerik

     

     

    BERBAGAI langkah ia upayakan agar masyarakat terhindar dari tindakan PLN wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengganti meteran listrik dari pascabayar ke prabayar atau listrik pintar secara sepihak.

    Ia bahkan bertemu langsung dengan manajemen PLN pusat untuk mengadukan masalah tersebut .Ternyata, yang terjadi di lapangan justru sebaliknya. Proses mutasi meteran listrikterus berlangsung. Hampir semua daerah di NTT mengalami hal serupa.

    Mungkin karena banyaknya pengaduan terkait pergantian meteran listrik yang dinilai merugikan masyarakat inilah, Anggota Komisi IV DPRD NTT, Viktor Lerik, melakukan gugatan class action terhadap PLN.

    Pergantian dari pascabayar ke listrik pintar tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Setelah ini, saya langsung menghubungi pengacara untuk mengajukan gugatan class action terkait masalah ini, kata putra mantan Walikota Kupang, Semuel Kristian Lerik ini, Kamis lalu.



    Menurut Viktor, kerugian lain yang dialami para pelanggan yakni pembayaran listrik akan lebih besar saat menggunakan listrik pasca-bayar dan listrik pintar. Biasanya masyarakat hanya bayar Rp 60.000 per bulan, naik menjadi Rp 150.000 per bulan, ungkap Viktor.



    Viktor mengaku, gugatan ini merupakan langkah terakhir yang diajukan DPRD NTT terkait masalah meteran listrik ini. Materi gugatan class action agar mengembalikan ke listrik pasca-bayar. Ini langkah terakhir yang kami ambil untuk mengatasi masalah ini dan setelah ini kami tidak akan buat apa-apa lagi.

    Perjuangan Viktor tidak sampai di situ. Ia juga bertemu dengan Ketua Komisi VII yang membidangi kelistrikan. Saat bertandang ke Kantor PLN pusat 17 November 2015 lalu, Ketua Komisi VII Kardana Warnika meminta pergantian meter pelanggan baru dan lama harus berdasarkan kesepakatan. Pasalnya, pemasangan meteran listrik berdasarkan kesepakatan dan kontrak.

    Terkait meteran dari manual ke meteran pintar, harus berdasarkan permintaan pelanggan. Tidak boleh PLN melakukan pergantian secara sepihak. Pengaduan ini akan ditindaklanjuti.

    Pria yang memiliki motto hidup Selalu Enjoy ini sesaat boleh bernafas lega dan sedikit tersenyum. Dalam pertemuan dengan Ketua Komisi V DPR RI, Farry Djemy Francis dan aggota DPRD NTT, Alex Ena, dan Jefry Unbanunaek yang mendatangi kantor PLN wilayah, Jumat (20/11) lalu , General Manajer PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur menjamin tidak ada pemaksaan kehendak bagi pelanggan untuk beralih ke listrik pintar.

    Pelanggan memiliki hak untuk memilih sehingga tanpa persetujuan pelanggan maka migrasi meteran dari prabayar ke pascabayar tidak bisa dilakukan.Jadi kita sudah kita tegaskan bahwa pelanggan memiliki hak untuk memilih jenis meteran. Tidak boleh ada migrasi tanpa persetujuan palanggan, tegas Safkaur.

    Dia mengakui bahwa selama ini banyak keluhan yang masuk akibat tidak ada koordinasi antara petugas yang melakukan migrasi meteran dengan pelanggan sehingga pergantian dianggal ilegal. Dia yakin bahwa bila masyarakat sudah memahami secara benar tentang manfaat listrik pintar maka dengan sendirinya mereka akan meminta untuk migrasi.

    Saya sudah perintahkan supaya migrasi bisa dilakukan jika ada persetujuan dari pelanggan. Kita akui bahwa ada yang tidak koordinasi sehingga pelanggan marah, ujarnya.

    Meski begitu, alumni Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Malang, Jawa Timur ini berjanji untuk tetap memantau apa yang terjadi di lapangan. Ini lantaran di beberapa daerah minus Pulau Sumba, keluhan serupa kerap terjadi, bahkan sampai-sampai ada masyarakat mengancam akan menduduki kantor PLN karena proses mutasi meteran listrik masih terus berlangsung. ***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.