• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 03 Agustus 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Warga Sikka Tanam Ribuan Pohon di Bantaran Kali Mati
    VICKY DA GOMEZ | Selasa, 22 Desember 2015 | 14:43 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Warga
    Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera sedang menanam pohon sengon pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional, Selasa (22/12), di bantaran Kali Mati Kelurahan Kota Uneng;

     

     

    Maumere, Flobamora.net – Sekitar 100 lebih orang warga Kabupaten Sikka menanam ribuan pohon berbagai jenis di Bantaran Kali Mati Kelurahan Kotauneng, Selasa (22/12) pagi. Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

               

    Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera hadir dalam gerakan menanam pohon yang difasilitasi Dinas Kehutanan Kabupaten Sikka. Tampak hadir juga Danlanal Maumere Carmadi, Ketua Pengadilan Negeri Maumere Budi Arjono, sejumlah pejabat eselon 2 dalam lingkup Pemkab Sikka, utusan-utusan kelompok tani dari berbagai kecamatan, desa dan kelurahan, serta kelompok anak muda Maumere yang tergabung dalam wadah Persamimania Anak Maumere.

               

    Dinas Kehutanan melalui Maria Wilfrida Marselina dan Fransiskus Gabriel Posenti menyiapkan berbagai jenis pohon seperti 500 anakan sengon, 200 anakan nangka, 200 anakan tanjung, 200 anakan glodokan, 1.000 anakan nimba, dan 200 anakan mangga. Selain sengon dari Dari Kehutanan, anakan pohon-pohon lainnya merupakan bantuan dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sikka.

               

    Bupati Yoseph Ansar Rera didaulat menanam anakan pohon sengon pada lubang yang sudah disiapkan. Setelah itu menyusul pejabat-pejabat dan kelompok masyarakat lainnya. Usai menanam, Bupati Yoseph Ansar Rera sempat memantau gerakan penamanan ini di sepanjang bantaran Kali Mati, termasuk yang dilakukan para wartawan yang bertugas di Kabupaten Sikka.

               

    Kepada wartawan di lokasi penamanan pohon, Bupati Yoseph Ansar Rera  mengingatkan agar gerakan penamanan ini jangan semata euforia sesaat saja. Dia berharap instansi tekait seperti Dinas Kehutanan dan Badan Lingkungan Hidup untuk terus memantau perkembangan pertumbuhan anakan yang sudah ditanam. Bagi dia, setelah gerakan ini perlu diikuti dengan pengawasan dan pemeliharaan secara terus-menerus.

               

    “Saya sudah instruksikan agar dibagikan tanggung jawab pemeliharaan kepada masing-masing satuan kerja perangkat daerah. Dengan demikian, kita tidak saja euforia hari ini, tapi ke depannya bisa bermanfaat,” jelas dia.

               

    Gerakan HMPI sebenarnya ditetapkan tanggal 28 November 2015 yang lalu, di mana bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional. Di tingkat Kabupaten Sikka baru dilaksanakan pada Selasa (22/12) karena menyesuaikan dengan iklim di daerah ini, di mana musim hujan baru mulai pada pertengahan Desember.

               

    Tema yang diangkat oleh Dinas Kehutanan pada gerakan menanam pohon, jelas Fransiskus Gabriel Posenti, yakni Ayo Kerja, Tanam dan Pelihara Pohon untuk Hidup yang Lebih Baik. Menurut dia, tema ini merupakan motivasi dasar yang menginspirasi dan menggerakkan seluruh masyarakat Kabupaten Sikka untuk melakukan penamaman pohon selama periode musim hujan. ***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.