• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 02 Juni 2020

     

     
    Home   »  Regional
     
    Pemerintah dan Masyarakat Ende Gembira Hadirnya KM Mahkota Nusantara
    ALEX | Selasa, 19 Januari 2016 | 18:13 WIB            #REGIONAL

    Pemerintah
    KM Mahkota Nusantara

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Ende menyambut gembira kehadiran KM Mahkota Nusantara, yang menggantikan KM Wihan Sejahtera yang tenggelam 14 November 2014 lalu. Kehadiran Mahkota Nusantara bisa membangkitkan kembali perekonomian Kabupaten Ende pascatenggelamnya Wihan sejahtera.

    Hal ini disampaikan Wakil Bupati Ende H.Djafar H Achmad ketika menerima pelayaran perdana KM roro Mahkota Nusantara, Senin (18/1) di Pelabuhan Ende. Djafar Achmad mengatakan kehadiran Mahkota Nusantara sebagai bukti kerinduan warga masyarakat akan adanya transportasi laut pengganti Wihan.

    "Kehadiran Mahkota Nusantara  ini diharapkan bisa menunjang perekonomian kita agar kembali bangkit pascatenggelamnya KM Wihan. Perjuangan dan niat tulus kita akhirnya bisa menghadirkan KM Mahkota ini," katanya.

    Dia menyatakan, upaya yang tak kenal lelah dari pemerintah untuk mendatangkan kapal roro sebagai bukti komitmen pemerintah untuk tidak membiarkan perekonomian di Ende terpuruk. Karena itu dia terus memberikan masukan dan motivasi kepada pemilik kapal untuk mendatangkan kapal roro ini.

    "Kami warga di sini akan menjaga kapal ini, karena kapal roro menjadi jembatan perekonomian kami. Sebab baik barang maupun orang akan selalu menggunakan kapal ini," kata Djafar lagi.

    Sementara itu pemilik kapal dalam hal ini diwakili Komisaris utama PT Jembatan Nusantara Mayjen Marinir (Purn). Halim mengatakan, sebelumnya PT Jembatan Nusantara sudah pernah mengoperasikan kapalnya ke Ende yakni Titian Nusantara di tahun 2001-2004. Dan sekarang di tahun 2016 kembali melayari Ende - Surabaya menggunakan Mahkota Nusantara.

    Lebih jauh meminta dukungan dari pemerintah dan masyarakat untuk menjaga kapal roro ini. Dia juga berharap kehadiran kapal ini bisa membawa berkah bagi masyarakat di kabupaten Ende khususnya dan kabupaten di Flores umumnya.

    "Kita juga berencana untuk menambah lagi satu kapal ke Ende ini sehingga menjadi dua kapal. Karena itu kami minta dukungan dari Pemerintah dan masyarakat kabupaten Ende. Kami juga menitipkan crew kami," sebut Halim.

    Sementara itu Mualim I Wartijah secara terpisah mengatakan, perjalanan menuju Surabaya ditempuh dalam waktu 52 jam dimana  dengan jaraknya sejauh 590 Mil laut. Sementara itu untuk panjang kapal itu sendiri 123 Meter dengan lebar 18 meter.

    "Kapal ini memeiliki fasilitas lengkap seperti musholla, cafe dan resto, ruang tidur sopir, ruang VIP dan kelas ekonomi dan juga ada klinik di dalamnya" kata Wartijah.
    Dia menambahkan kapal ini bisa menampung Kendaraan besar sebanyak 30 unit, kendaraan sedang 10 unit dan kendaraan kecil 25 sampai 30 unit sementara untuk sepeda motor mencapai 50 unit.

    Crew kapal berjumlah 54 orang diluar dari juru masak, cleaning service atau pelayan resto. Disebutkan dalam pelayaran perdana ini, KM Mahkota hanya mengangkut 9 kendaraan Besar, 3 kendaraan sedang dan 3 kendaraan kecil dan sekitar 50 sepeda motor.

    Dalam upacara penerimaan pelayaran perdana hadir direktur keuangan dan putri pemilik kapal Novi yang juga pemilik perusahan pembuat  kapal di Surabaya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.