• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 25 Oktober 2020

     
    Home   »  Regional
     
    Tour d`Flores Sejalan dengan Visi Misi Ansar
    VICKY DA GOMEZ | Kamis, 21 Januari 2016 | 18:59 WIB            #REGIONAL

    Tour
    Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera menerima Tim Tour d`Flores di Rujab Bupati, Rabu (20/1) malam.

     

     
    MAUMERE, FLOBAMORA.NET - Bupati Sikka Yoseph Ansar Rera memberikan dukungan dan apresiasi penuh atas rencana penyelenggaraan iven Tour d’ Flores yang akan dilaksanakan Mei 2016 mendatang. Iven ini sejalan dengan visi misi pemerintahan Ansar, terutama pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan di Kabupaten Sikka.

    Dukungan dan apresiasi Bupati Yoseph Ansar Rera ini disampaikan kepada Tim Tour d’ Flores yang bersilaturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Sikka, Rabu (20/1) malam, di Rujab Bupati Sikka. Tim Tour d Flores ini berjumlah kurang lebih 15 orang, terdiri dari staf pada beberapa kementerian, dipimpin oleh Faustinus Wundu dari Alumni Seminari Mataloko.

    Dari Pemkab Sikka, hadir antara lain Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kensius Didimus, Pelaksana Tugas Dinas PU, Pertambangan dan Energi Femmy Bapa, dan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Simon Subsidi.

    “Kami sangat senang dengan kegiatan seperti ini, karena sesungguhnya inilah harapan kami di daerah, sejalan dengan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan, karena itu kami siap memberikan dukungan,” ujar Bupati Yoseph Ansar Rera.

    Menurut dia, daerah akan mengalami kesulitan untuk mengembangkan pariwisata, jika hanya dilakukan oleh daerah itu sendiri. Pengembangan pariwisata membutuhkan sinergisitas dengan daerah-daerah lain. Dalam konteks ini, Pemkab Sikka telah berinisiatif mendiskusikan destinasi wisata Flores bertempat di Maumere, sebagai salah satu media pengembangan pariwisata. Namun hanya dengan satu kali pertemuan, media ini akhirnya tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan.

    Dia mengakui, Pemkab Sikka mencoba mencari media-media lain agar pariwisata di Kabupaten Sikka dan secara umum di Flores dapat menjadi objek yang menjanjikan. Karena itu hadirnya Tour d’ Flores, hemat Bupati Yoseph Ansar Rera, bisa menjadi sebuah media yang baru untuk mengenalkan pariwisata Sikkda dan Flores ke dunia internasional.

    Tour d’ Flores, menurut informasi Faustinus Wudhu, merupakan ide dari Rizal Ramli selaku Menteri Koordinasi Kemaritiman. Beberapa kementerian terkait seperti pariwisata, perhubungan, pekerjaan umum, menjadi pendukung utama iven ini. Bahkan mereka juga melibatkan pengurus internasional balap sepeda, yang akan mengatur teknis lomba sepanjang lebih dari 500 kilometer dari titik start Larantuka sampai Labuan Bajo.

    Ide ini, lanjut Faustinus Wundu, tidak saja fokus pada kegiatan lomba, tetapi secara bersamaan juga sebagai kegiatan untuk mempromosikan aset-aset wisata di Flores, termasuk pembenahan infrastruktur. Rencananya, untuk tahun-tahun mendatang, lintasan Tour d’ Flores bisa langsung menyinggung objek-objek wisata pada masing-masing daerah di Flores.

    Even ini akan mengikutsertakan pembalap-pembalap sepeda dari 20 negara, yang sebelumnya mengikuti kegiatan di Banyuwangi. Nantinya dari Banyuwangi, para pembalap menuju Larantuka via Bandara Frans Seda Maumere, sementara semua sepeda lomba akan dimobilisasi dengan kapal laut langsung ke Larantuka.

    Setibanya di Maumere, para pembalap, bersama marshall, juri lomba, dan panitia penyelenggara sebanyak kurang lebih 400 orang akan melihat-lihat Danau Kelimutu, salah satu aset wisata yang telah mendunia. Dari situ, mereka akan makan siang di Pantai Koka.

    Bupati Yoseph Ansar Rera menyambut baik rundown sementara di mana Maumere sebagai tempat pertama kedatangan para pebalap, dan juga Pantai Koka sebagai salah satu tempat singgah untuk makan siang. Dia berjanji akan menyuguhkan kekayaan lokal Sikka bagi duta-duta balap sepeda, seperti tari-tarian yang menghibur, pameran cinderamata, dan panganan lokal khas Sikka.

    Launching Tour d’ Flores akan dilaksanakan di Jakarta pada Kamis (28/1) mendatang, bersamaan dengan rapat koordinasi antara Panitia Penyelenggara bersama kepala-kepala daerah se-Flores, dan seluruh kementerian dan perangkat terkait.

    Sementara kegiatan lomba balap sepeda itu sendiri menurut jadwal akan dimulai pada 16 Mei 2016, dengan start dari Kantor Bupati FloresTimur, dan finish di Kantor Bupati Sikka. Kemudian lomba dilanjutkan lagi dari Maumere menuju Ende, dan seterusnya sampai Labuan Bajo. Pada setiap etape, penyerahan hadiah langsung dilakukan oleh menteri-menteri terkait.***

     
      TAG:
    • khas
    •   
    •   
    •   
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.