• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 29 Maret 2020

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    Awasi Pileg, Bawaslu NTT Gandeng Wartawan
    ALBERTO | Jumat, 21 Februari 2014 | 11:47 WIB            #PEMILU

    Awasi
    Pemilu

     
    Kupang, Flobamora.net - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Nusa Tenggara Timur, menggandeng unsur jurnalis yang tergabung dalam Komunitas Jurnalis Damai Kupang  (Peace Journalists Community Kupang/PJCK), dalam mengawal dan mengawasi Pemilihan Umum 2014.

    "Kesepakatan kerja sama akan dilakukan pada 24 Februari mendatang," kata Juru Bicara Badan Pengawas Pemilu Nusa Tenggara Timur Jemris Fointuna, Jumat (21/1).

    Selain PJCK, menurutnya, sejumlah lembaga masyarakat yang ikut terlibat dalam

    pengawasan pelaksanaan pileg 9 April bersama Bawaslu NTT, masing-masing, 'Rumah Perempuan, cis-Timor, Yayasan Tanpa Batas dan Aliansi Pemuda Lintas Agama.

    Dia mengatakan, masing-masing aliansi, memiliki fungsi dan tugas, sesuai bidang garapannya. Untuk aliansi Rumah Permpuan, akan mengawasi kemungkinan eksploitasi anak-anak dan perempuan dalam pelaksanaan pileg mendatang, untuk kepentingan calon legislatif dan partai politik tertentu.

    "Hal yang sama juga terhadap aliansi lainnya, termasuk Aliansi Pemuda Lintas Agama, yang berupaya untuk mengawasi, kemungkinan terjadinya situasi yang membawa isu agama, suku dan ras dalam pelaksanaan pemilihan wakil rakyat nanti," ujarnya.
          
    Dia menuturkan, tugas dan fungsi jurnalias yang tergabung dalam PJCK, sudah jelas, melakukan pengawasan dan pengontrolan melalui media publiknya masing - masing.
          
    Penyelenggara pemilu, menurut Jemris, memiliki tugas untuk mencarikan jalan strategis menyelenggarakan pemilu dengan jujur, langsung, umum dan rahasia, serta harus bebas dari semua isu yang bisa memcah belah kerukunan, keharomonisan dan kesatuan bangsa dalam NKRI ini.

    "Karena itu, selaku lembaga pengawas, Bawaslu NTT, memandang penting membentuk kerja sama ini, agar nantinya pelaksanaan pileg, bisa berjalan aman dan damai," katanya lagi.

    Ketua Peace Journalists Community Kupang (PJCK), Yohanes Seo, mengaku sedang mempersiapkan sejumlah langkah untuk kepentingan pelaksanaan kesepakatan kerja sama damai untuk pengawasan pileg dengan Bawaslu tersebut.

    Jurnalis sebuah media nasional itu mengaku, kegiatan itu akan melibatkan semua anggota PJCK wilayah Nusa Tenggara Timur, yang unsur anggotanya terdiri dari jurnalis cetak, maupun elektronik lokal maupun nasional.

    "Kita sudah kondisikan semua jurnalis anggoat PJCK untuk terlibat aktif dalam kegiatan ini," katanya.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.