• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 03 Desember 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Pembentukan DOB tidak Mesti Kantongi Restu Gubernur
    ALBERT VINCENT REHI | Senin, 14 Maret 2016 | 20:16 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Pembentukan
    Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan Umum DPRD NTT, Kasintus P. Ebu Tho

     

     

    Kupang, Flobamora.net -  Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB), baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sudah lebih mudah yakni tidak mesti mengantongi restu dari gubernur.

     

    “Walau demikian, sejumlah persyaratan sebagaimana dipersyaratkan undang-undang harus tetap dipenuhi,” kata Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan Umum DPRD NTT, Kasintus P. Ebu Tho kepada wartawan di Kupang, Senin (14/3).

     

    Ebu Tho yang biasa disapa Maxi menjelaskan, beberapa waktu lalu komisi yang dipimpinnya bertemu dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pada kesempatan itu disampaikan bahwa, berdasarkan kesepakatan antara Komisi II DPR RI dengan Kemendagri, pembentukan DOB tak semestinya mendapat restu gubernur. Kesepakatan itu akan diintegrasikan dalam Peraturan Pemerintah (PP) dengan berpedoman pada UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

     

    “Pertimbangan lahirnya kesepakatan itu adalah untuk menghindari subjektivitas gubernur dalam meneruskan atau menindaklanjuti aspirasi pembentukan DOB,” kata Maxi.

     

    Wakil rakyat asal daerah pemilihan Ngada, Nagekeo, Ende dan Sikka ini menjelaskan, dengan adanya kesepakatan itu maka pembentukan DOB provinsi atau kabupaten/kota lebih cepat. Karena yang berlaku selama ini, apapun aspirasi pembentukan DOB harus mendapat restu gubernur sebelum diteruskan ke pemerintah pusat. Dengan adanya kesepakatan itu yang akan diintegrasikan dalam PP, sudah dapat dipastikan pembentukan DOB bisa atas intervensi pemerintah pusat setelah mempelajari semua persyaratan yang dipenuhi.

     

    Dia mengatakan, Kemendagri juga memberi sinyal bahwa akan dibentuk enam DOB tingkat kabupaten dan provinsi dalam tahun ini atau setidaknya mendapat prioritas pembentukan DOB. Dimana lima DOB tingkat kabupaten yang didorong untuk segera diwujudkan yakni Kota Maumere di Kabupaten Sikka, Adonara di Kabupaten Flores Timur, Pantar di Kabupaten Alor, Amfoang di Kabupaten Kupang, dan salah satu dari tiga usulan pembentukan DOB di Kabupaten Sumba Timur.

     

    Sedangkan satu DOB tingkat provinsi, ujarnya, belum diketahui secara pasti mana yang didorong. Tapi yang berpeluang untuk disetujui adalah Provinsi Timor karena letaknya sangat strategis yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste.

     

    “Untuk perjuangan pembentukan DOB lainnya, prosesnya akan menyusul karena yang diprioritaskan adalah enam DOB dimaksud,” papar Maxi.

     

    Wakil Ketua Komisi I DPRD NTT asal daerah pemilihan Manggarai Raya, Leo Ahas menyatakan, pembentukan DOB yang tidak mengharuskan restu gubernur, membawa angin segar bagi aspirasi perjuangan pembentukan DOB. Karena sejumlah daerah sedang memperjuangkan aspirasi pembentukan DOB tingkat kabupaten seperti Kabupaten Manggarai Barat Daya di Manggarai Barat, aspirasi pemekaran Kabupaten Kupang, dan Timor Tengah Selatan.

     

    Dia menambahkan, dengan adanya kesepakatan antara Komisi II DPR RI dan Kemendagri soal pembentukan DOB, maka bisa terhindar dari aspek subjektivitas gubernur. Bisa saja karena diboncengi kepentingan politik, gubernur enggan atau memperlambat persetujuan aspirasi pembentukan DOB.

     

    “Harus diakui, kepentingan politik jauh lebih tinggi sehingga bisa mengalahkan aspirasi masyarakat. Ini tidak hanya perjuangan pembentukan DOB kabupaten/kota tapi juga provinsi,” tandas Leo Ahas.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.