• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 04 Juni 2020

     

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Lebu Raya Pantau Kesiapan UN di Ende
    ALEX | Sabtu, 02 April 2016 | 12:27 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Lebu
    Gubernur NTT, Frans Lebu Raya saat memantau kesiapan UN di Ende

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET- Gubernur Frans Lebu Raya bersama Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT  Sinun Petrus Manuk, Jumat (1/4) kemarin melakukan pemantauan di dua sekolah yang menyelenggarakan UN Berbasis Komputer (UNBK) di Kabupaten Ende.

     

    Kedua sekolah tersebut masing-masing SMAK Syuradikara dan SMKN II Ende. Sementara SMAK Frateran Ndao, satu dari tiga sekolah yang menyelanggarakan UNBK tidak sempat dikunjungi.


    Pemantauan persiapan UN di dua sekolah tersebut, juga didampingi Bupati Marselinus YW Petu dan Kepala Dinas PPO Piet Guido No.

     

    Kepada awak media Lebu Raya berharap, pelaksanaan UN kali ini bisa berjalan baik dan sukses prestasi.

     

    Dia menyebutkan, selama ini mutu pendidikan di NTT selalu diukur dengan persentase kelulusaan sebagai patokan meski hal ini tidak bisa menjamin kualitas dari lulusan itu sendiri.


    "Saya tantang apakah prosentase kelulusan bisa mencerminkan mutu pendidikan itu sendiri. Jawaban bisa ya bisa tidak," kata Lebu Raya. Karena itu dirinya berharap agar persiapan yaang sudah dilakukan selama ini benar membuahkan dan menuai hasil baik nantinya.


    Dia juga mengatakan, mutu pendidikan tergantung dari mutu proses belajar mengajar. Untuk itu dia meminta siswa untuk tidak takut menghadapi ujian apalagi yang berhadapan dengan UN dengan sistem komputerisasi.


    Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT Sinun Petrus Manuk mengatakan jumlah sekolah yang mengikuti Ujian Nasional dengan menggunakan sistem komputer di Nusa Tenggara Timur sebanyak 32 Sekolah, yang terdiri dari delapan sekolah Menengah Atas dan sisanya 24 sekolah Menengah Kejuruan.


    Kata dia, tahun ajaran 2015-2016 ini sudah ada peningkatan karena sebelumnya hanya satu sekolah di NTT yang menyelenggarakan UN berbasi komputer.


    "Kita lakukan ini untuk adaptasi teknologi. Diharapkan pelaksanaan pada tahun ini bisa berjalan baik dan selanjutnya bisa menjadi kredit poin sehingga tahun ajaran berikutnya target saya sudah 100 sekolah yang mengikuti ujiaan nasional berbasis komputer," ujarnya.

     

    Dia berharap para siswa bisa dengan cermat menggunakan komputer dengan baik sehingga hasilnya pun baik.


    Kepala Sekolah SMAK Syuradikara P. Stef Sabon Aran, SVD  dihadapan Gubernur Lebu Raya mengatakan Syuradikara sudah 100 persen siap untuk menggunakan komputer dalam menghadapi UN.

     

    Dia mengatakan dari persiapan try out dan terakhir melakukan simulasi menggunakan komputer hasilnya cukup baik.


    "Saya yakin siswa saya bisa mengerjakan soal melalui aplikasi teknologi komputer ini. Mereka sudah dilatih untuk menggunakan komputer," kata Pastor Stef Sabon.

     

    Dia menambahkan, pihaknya juga menggunakan laptop milik siswa untuk digunakan dalam UN tersebut,  dimana sebelumnya sudah disetting secara baik sehingga bisa digunakan dalam pelaksanaan ujian.


    Sementara itu, ketika memantau persiapan UN di SMK N II Ende kondisi yang sama terlihat dimana perangkat komputer sudah siap semuanya. Malahan beberapa komputer dan laptop merupakan hasil rakitan para siswa sendiri.


    "Sekitar 40 komputer yang digunakan merupakan rakitan para siswa sendiri dan kini digunakan untuk UN," kata Piet Guido No Kadis PPO Ende.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.