• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 30 November 2021

     
    Home   »  Gaya Hidup
     
    6 Alasan Sehat Mengapa Harus Bangun Pagi
    ANA DEA | Senin, 09 Mei 2016 | 12:19 WIB            #GAYA HIDUP

    6
    Ilustrasi

     

     

    Beberapa orang benci bangun pagi dan memilih untuk bangun lebih siang. Namun, ada baiknya untuk menghilangkan prilaku itu dan mengubahnya sekarang juga. Pasalnya, bangun pagi terbukti mampu meningkatkan kesehatan.

     

    "Bangun pagi membuat manusia lebih konsisten dengan siklus jam biologisnya," kata Alcibiades J. Rodriguez, MD, asisten profesor, Departemen Neurologi, NYU Langone Comprehensive Epilepsy Center-Sleep Center.

     

    "Sinar matahari adalah stimulan paling kuat dalam memberi energi dan meningkatkan mood Anda, sehingga Anda bisa memulai aktivitas dengan tubuh Anda lebih segar."

     

    Bangun lebih awal mungkin tidak langsung menyebabkan adanya perbaikan kesehatan, tapi dapat membantu orang beradaptasi pada kebiasaan sehat yang dapat membantu meningkatkan kehidupan mereka secara keseluruhan.

     

    "Saya menemukan bahwa orang yang bangun pagi lebih mampu membuat pilihan hidup yang lebih sehat," kata Jeff Sanders, penulis buku The 5 AM Miracle.

     

    "Mereka lebih cenderung untuk berolahraga di pagi hari, makan sarapan yang sehat, dan memiliki waktu untuk membaca, yoga, doa, meditasi, atau kebiasaan sehat lainnya."

     

    Jika Anda sedang mencari alasan untuk mulai bangun pagi, berikut enam manfaat kesehatan yang dapat dijadikan pertimbangan.

     

    1. Anda Akan Terpancing untuk Berolahraga

    Menurut Women's Health, sebuah studi yang disajikan dalam pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies LLC menemukan bahwa bangun pagi cenderung untuk tidak melewatkan olahraga.

     

    "Seperti yang terjadi pada diri saya, klien saya, dan orang yang bangun pagi lainnya. Jika tidak berolahraga di pagi hari, secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk tidak berolahraga sama sekali," kata Sanders.

     

    "Jadi, membiasakan diri untuk berolahraga rutin setiap pagi akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi, kekuatan, dan banyak lagi."

     

    2. Sarapan Lebih Baik

    "Jika pernah bangun kesiangan, Anda pasti lebih memilih untuk mengambil donat sebagai bekal perjalanan bukannya mempersiapkan sarapan sehat," kata Sanders.

     

    "Bangun pagi cenderung memberi cukup waktu untuk mempersiapkan sarapan yang menjadi sumber nutrisi dan energi."

     

    Satu penelitian dari Northwestern University menemukan bahwa orang yang tidur larut malam akan makan dua kali lebih banyak makanan cepat saji dan setengah jumlah buah-buahan dan sayuran dibanding orang yang tidur lebih awal.

     

    3. Suasana Hati Membaik

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Emotion menemukan bahwa orang yang bangun pagi lebih bahagia.

     

    Meskipun alasannya belum jelas, para peneliti menduga itu terjadi akibat mereka memusatkan kegiatan pada pagi hari. Sehingga kegiatan menjadi lebih cepat selesai dengan memberlakukan jadwal kegiatan dari jam 8 pagi sampai 5 sore.

     

    4. Menjadi Lebih Proaktif

    Ternyata, pepatah yang mengatakan "burung yang bangun lebih awal akan mendapatkan cacing" itu benar.

     

    Studi dari Harvard Business Review menemukan bahwa orang-orang yang bangun pagi lebih banyak memiliki tujuan dan akan merasa lebih bertanggung jawab membuat tujuan tersebut menjadi kenyataan. Mereka juga cenderung untuk mendapatkan nilai dan pekerjaan yang lebih baik.

     

    5. Lebih Waspada

    Jika Anda bangun di pagi hari tepat sebelum bekerja atau sekolah, Anda mungkin akan mengalami kondisi bernama sleep inertia yakni perasaan pening dan kurang bersemangat.

     

    Bangun tiba-tiba dapat membahayakan fungsi mental Anda seperti diantaranya menurunkan produktivitas dan memori.

     

    Sehingga, ada baiknya memberikan diri Anda beberapa saat untuk menyesuaikan diri sebelum terjaga dan berangkat menuju sekolah atau kantor dapat membantu meningkatkan kinerja Anda.

     

    6. Jadwal Tidur Lebih Konsisten

    "Kebiasaan bangun pagi yang sukses jelas memiliki waktu tidur lebih awal dan bangun pagi yang konsisten. Sehingga membuahkan kualitas istirahat yang butuhkan," kata Sanders.

     

    "Fokus untuk bangun pagi dengan pola tidur berkualitas tinggi yang konsisten, secara dramatis dapat meningkatkan kesehatan Anda dengan sendirinya."

     

    Meskipun fungsi tubuh setiap individu memiliki jam yang berbeda, kebanyakan orang berfungsi optimal saat tidur mereka disinkronkan dengan ritme jam biologis alami.

     

    Jangan ragu untuk coba kebiasaan ini dan melihat bagaimana perasan Anda setelahnya. Mungkin Anda akan dihadapkan dengan kejutan yang menyenangkan.


     


    Sumber: WomensHealth/health.kompas.com
    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.