• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 20 September 2021

     
    Home   »  Ekonomi & Investasi
     
    Jalan Sabuk Selatan di Rote Akan Jadi Jalan Nasional
    ALBERT R. | Rabu, 11 Desember 2013 | 14:33 WIB            #EKONOMI & INVESTASI

    Jalan
    dok/flobamora.net

     

     
    Kupang, Flobamora.net - Komisi V DPR RI akan memperjuangkan Ruas jalan sabuk Selatan dari Batutua – Dolasi – Kuli – Rote Selatan – Batulilok – Rote Timur di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi jalan strategis nasional sehingga dapat dibiayai APBN.

    Sekretaris Komisi V DPR RI, Saleh Husin yang dihubungi dari Kupang, Rabu (11/12) mengatakan, perjuangan untuk menjadikan ruas jalan tersebut, kepada pemerintah pusat melalui Kementerian  Pekerjaan Umum demi kesejahtersaan rakyat karena Pulau Rote termasuk salah satu pulau terluar di NTT yang berbatasan dengan Australia.

    “Saya telah minta Pemkab Rote Ndao segera mengajukan usulan terhadap rencana tersebut kepada  pemerintah pusat termasuk memperjuangkan anggaran untuk beberapa ruas jalan yang ada, terutama ruas utama Ba’a – pantai Baru – Papela dan Ba’a – Batutua – Nemberala,” katanya.

    Menurutnya, Pemkab harus proaktif menangkap peluang ini sehingga dana APBD yang sangat  terbatas itu, bisa dialihkan untuk pembangunan bidangt lainnya yang masih perlu disentuh.

    Selain itu, lanjutnya, jalan reklamasi sepanjang 700 meter yang dibangun sebagai jalan alternatif mengatasi kemacetan jalan Pabean Ba’a di ibukota kabupaten tersebut, akan diaspal  tahun 2013 ini.

    Dia memaparkan, pada Tahun Anggaran  2012 pihaknya telah berusaha memperjuangkan aspirasi  masyarakat Kabupaten Rote Ndao untuk mendorong sejumlah anggaran membangun break water dan  tembok pengaman pantai yang terintegral dengan jalan baru di pinggir pantai Metina sepanjang 700 meter untuk mengatasi kemacetan ruas utama jalan Pabean yang sudah Sangat sempit.

    “Ruas jalan Pabean yang merupakan jalan utama di kota Ba’a sudah sangat sempit dengan  pertambahan kendaraan dan aktivitas ekonomi. Oleh karena itu dibuat satu jalur jalan ini  sebagai jalur alternatif untuk menghindari kemacetan dan menjaga keindahan kota Ba’a,” ujarnya.

    Dia menambahkan, dalam Tahuan Anggaran 2013 ini, jalan reklamasi Pantai Metina ini diaspal dan dibangun dua jembatan penghubung, karena sudah dianggarakan dalam APBN. Tambahan dana tahun ini untuk pembangunan break water sepanjang 600-700 meter, juga dua jembatan  penghubung serta pengaspalan jalan tersebut dianggarkan Rp. 7 milyar lebih diharapkan kelak dapat bermanfaat bagi masyarakat Rote Ndao.*** (Risky)

     




    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.