• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Sabtu, 30 Mei 2020

     

     
    Home   »  Travel
     
    Dampak TdF jangan Dilihat Secara Instan
    ALEX | Sabtu, 21 Mei 2016 | 14:23 WIB            #TRAVEL

    Dampak
    Menteri Perindustrian Saleh Husin

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Banyaknya kritikan yang dilontarkan sementara kalangan terkait manfaat Tour de Flores (TdF) khususnya berdampak pada pariwisata mendapat tanggapan Menteri Perindustrian Saleh Husin.

     

    Ditemui di sela–sela pelepasan pebalap etape ketiga Ende menuju Bajawa, Sabtu (21/5), Saleh Husin mengatakan masyarakat jangan melihat secara instan dampak TdF terhadap pariwisata NTT umumnya dan Flores pada khususnya.

    "Dengan event ini, peserta khususnya dari mancanegara pasti akan mentweet kegiatan ini. Ini tentu dibaca oleh jutaan penggemar mereka. Karena itu pastinya NTT dan Flores khususnya akan di ketahui oleh jutaan orang dari mancanegara dan ini yang penting," katanya.


    Dia mengatakan, kegiatan ini tentu akan dishare dan diketahui masyarakat dunia dengan demikian nantinya tentu pertumbuhan pariwisata NTT akan meningkat.

    Dia menuturkan, TdF ini bukan semata milik internal panitia tetapi milik masyarakat  NTT, khususnya di daratan Flores. Karena itu menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat.

    Dia juga berharap kepada pemerintah daerah untuk ke depannya mempersiapkan TdF lebih baik lagi khususnya berkaitan dengan penyediaan cindera mata, karena menurutnya belum terlihat karena itu penting untuk peserta maupun masyarakat.

    "Cinderamata penting karena dia akan bawa ke negaranya dan menceritakan dari daerah mana ia bawa. Ini promosi gratis untuk kita, kalau kita pakai koran cuma terbatas lokal saja," ujarnya sambil berharap pemerintah daerah bisa all out ke depannya karena dampaknya luar biasa.

    Dia juga meminta pemerintah bergandengan tangan dengan industri kecil dan menengah yang ada dalam mempersiapkan cinderamata dan lainnya. Kementeriannya akan terus memberi dukungan dan intervensi terhadap TdF ini.

    Sementara itu Ketua DPRD Provinsi NTT Anwar Pua Geno mengatakan, pemerintah dan DPRD provinsi mendukung penuh TdF ini karena berskala internasional karena bisa mengangkat NTT dan Flores khususnya kedunia Internasional.

    "Kami mendukung secara politik anggaran di mana dialokasikan sebanyak Rp. 3,9 Miliar sesuai dengan pengajuan pemerintah," kata Anwar Pua Geno.

     

    Dia juga berharap tahun depan lebih baik lagi dan melibatkan masyarakat sehingga masyarakat bisa merasakan TdF milik bersama.

    "Keterlibatan dimaksud seperti bazar, pasar murah, penjualan ornamen sehingga para peserta bisa berbelanja di situ," katanya.

     

    Dia juga berharap ke depan lebih baik lagi dan mengimbau DPRD provinsi dan kabupaten untuk mengintervensi anggaran lebih sesuai pengajuan pemerintah daerah masing-masing.

    Sementara itu, Bupati Ende Marselinus Y.W Petu menuturkan event TdF ini merupakan event yang memiliki kekuatan bagi pariwisata. Adanya TdF semua promosi lewat media lokal,nasional maupun internasional bergerak sehingga dunia mengetahui bahwa potensi pariwisata di Flores ini luar biasa.

    "Di sinilah kerinduan masyarakat Kabupaten Ende sesuai dengan karakter budaya untuk mempromosikan pariwisata yang ada di daerah ini dan mengapresiasi kegiatan Tdf ini dengan hadirnya menonton dan memberi spirit," tutur Bupati Marsel sambil menambahkan dengan adanya event seperti ini bisa menggairahkan pariwista di daerah ini.

    Sementara itu terkait anggaran yang dikeluarkan oleh Pemda Ende untuk penyelenggaraan TdF sebesar Rp 1,2 M dia mengatakan untuk tidak melihat besarnya anggaran yang ada, tetapi viewnya yang harus dilihat ke depannya seperti apa hasilnya yang nantinya memberikan pertumbuhan ekonomi nantinya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.