• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 01 Maret 2021

     
    Home   »  Travel
     
    Wawancara Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya : TdF Ajang Promosi Terakbar Pariwisata NTT
    ALBERT VINCENT REHI | Selasa, 07 Juni 2016 | 14:12 WIB            #TRAVEL

    Wawancara
    Gubernur NTT, Frans Lebu Rayaa

     

     

    AJANG balap sepeda internasional Tour de Flores (TdF) yang digemakan sejak Oktober 2015 berlangsung mulai 19-23 Mei 2016. TdF merupakan sport tourism atau kegiatan pariwisata berbasis event olahraga yang pertama kali diadakan di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pihak penyelenggara menyiapkan total hadiah sebesar Rp 1 miliar yang diperebutkan para peserta balap sepeda.

     

    TdF 2016 tidak hanya menggelar kegiatan balap sepeda internasional, tetapi juga diramaikan dengan kegiatan-kegiatan kunjungan ke destinasi-destinasi wisata alam dan budaya. TdF 2016 sudah diawali dengan atraksi penyambutan adat di Maumere pada 16 Mei 2016, yang dilanjutkan dengan kunjungan wisata ke Flores Timur, dan diakhiri dengan jalan-jalan wisata ke Pulau Komodo, Manggarai Barat.

     

    Sebagai gelaran perdana, TdF 2016 mengandung nilai historik, karena akan tercatat sebagai sejarah bahwa sebuah event balap sepeda internasional pertama telah diselenggarakan di Pulau Flores, NTT. Jadwal perpaduan kegiatan olahraga dan pariwisata tersebut mengikuti perubahan yang tercantum secara resmi pada UCI Road Calendar Asia Tour.

     

    Sebagai ajang internasional TdF berjalan sukses. Ini tidak terlepas dari peran dan dukungan Pemerintah Provinsi NTT dan delapan kabupaten di daratan Flores. Seperti apa rencana ke depan pascaTdF 2016 ? Albert Vincent Rehi dari Flobamora.net sempat mewawancarai Gubernur Frans Lebu Raya di Labuan Bajo, Senin 23 Mei 2016  seusai finish etape terakhir.Berikut petikannya :

    Apa tanggapan Bapak terhadap penyelenggaraan Tour de Flores  Tahun 2016 ?

    Saya menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik antara pemerintah provinsi dan kabupaten di daratan Flores. Ternyata kesan dari semua, Tour de Flores sukses dan sangat meriah. Saya mengapresiasi kesiapan semua kota yang disinggahi. Dengan persiapan yang sangat singkat eventnya berjalan baik.

    Saat memberikan sambutan, Bapak menyebutkan TdF adalah Pesta Rakyat apa alasannya ?

    Saya menyebutkan sebagai ajang Pesta Rakyat. lantaran masyarakat ikut menyambut para pebalap sepeda di sepanjang jalan. Kita bisa lihat sendiri, saat start dari Larantuka hingga finish di Labuan Bajo masyarakat tumpah ruah di pinggir jalan. Mereka ikut merasakan atmosfir TdfF. Yang paling penting adalah  TdF memotivasi anak-anak muda. Ternyata ada hal luar biasa yang bisa kita buat.

    Bagaimana dengan beragam tanggapan terhadap pelaksanaan TdF ini ?

    Memang diawalnya ada pendapat yang beberada, tetapi itu bisa diatasi dengan baik. Terbukti semuanya sudah berjalan baik dan berakhir dengan baik pula. Artinya, semua sepakat untuk menyukseskan ini. Saya ucapkan terima masih kepada Menteri Pariwisata yang menyatakan ini sebagai event pariwiwisata tahunan di NTT yang sangat meriah dan menyedot perhatian dunia.

    Apa rencana ke depan setelah pelaksanaan TdF tahun 2016 ?

    Tahun 2017 kita akan memulai lagi  kegiatan tersebut. Setalah ini saya akan gelar rapat koordinasi dengan pemerintah dari delapan kabupaten di daratan Flores, untuk mengevaluasi pelaksanaan TdF dan membangun komitmen untuk penyelenggaraan tahun 2017 mendatang.

    Bagaimana soal kesiapan anggaran untuk mendukung TdF ?

    Tahun ini kita menyadari, alokasi anggarannya setelah penetapan APBN dan APBD.  Untuk alokasi anggarannya,  nanti kita lihat dari kebutuhan..Tidak bisa kita katakan, akan dialokasikan lebih besar. Tetapi tetap berpedoman pada kebutuhan, Paling tidak, semua lebih siap. Karena mulai dibahas lebih awal, tidak gunakan lagi mekanisme perubahan anggaran. Kita bicara soal berapa besar dukungn APBN, APBD Proivinsi NTT dan kabupaten di daratan Flores.

    Artinya harus ada komitmen atau kata sepakat untuk itu ?

    Betul sekali. Untuk tahun depan kita perlu persiapan yang matang. Jika tahun ini hanya enam bulan, tahun depan akan lebih bagus lagi. Kita berusaha untuk bisa menyukseskan event ini . TdF telah nenjadi trending topik di seluruh dunia.

    Apa yang kita dapat dari event ini ?

    Memang semuanya tidak serba instan. Tidak bisa segera kita rasakan. Kita butuh event internasional seperti ini. Ini promosi yang luar biasa selama satu minggu. Semua pemberitaan tertuju ke Flores  Cerita tentang Flores menjadi konsumsi publik internasional.

    Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber daya Rizal Ramli serta Menteri Pariwisata Arief Yahya sudah menyatakan TdF akan dijadikan sebagai event tahunan. Tanggapan Bapak ?

    Saya sangat berterima kasih untuk itu. Artinya ada good will dari pemerintah pusat. TDF nanti akan diselenggarakan setiap tahun.Nanti dalam evaluasi dengan para bupati  kita akan melihat berbagai aktivitas yang sudah dilakukan. Mungkin ditemukan berbagai kekurangan untuk dibenahi tahun mendatang. TdF merupakan ajang promosi yang luar biasa  untuk pariwisata di NTT khususnya Flores dan Lembata.

    Apa ada hal lain yang Pak Gubernur tangkap dari pelaksanaan TdF ini ?

    Yah.. sebagaimana diketahui, sejak tanggal 16 Mei 2016 tim sudah mulai tiba, seluruh media di dunia membuatkan berita yang luar biasa. Kita bisa bayangkan mulai saat itu sampai tanggal 24 Mei 2016 seluruh media memberitakan tentang TdF. Saya percaya tahun depan akan ada banyak yang berminat. Dalam pelaksanaannya kita masuk kategori sukses.

    Ada gagasan setelah tahun 2017, TdF tidak hanya menggunakan rute jalan nasional di selatan tetapi membidik lintas utara Flores. Seperti apa kesiapannya?

    Memang itu baru sebatas pemikiran. tetapi saya rasa itu perlu, lantaran lintas utara Flores adalah jalan strategis nasional. Mungkin dengan ide itu pemerintah pusat bisa mengaloikasikan anggaran  untuk membenahi lintas utara. Lihat saja, ketika ide TdF digagas, ruas jalan negara dari Larantuka ke Labuan Bajo mulai dibenahi. Sekarang ini sangat mulus dan luar biasa. Mimpi kita, seperti itulah nantinya ruas jalan lintas utara Flores.

    Apa ada rencana yang dilakukan pemerintah PascaTdF ini ?

    Nanti akan dibentuk Badan Otorita Pariwisata Flores. Saya yakni dengan adanya badan itu akan lebih cepat mendorong perkembangan pariwisata di Flores. Saat ini sedang dipersiapkan pembentukan badan tersebut.

    Kenapa harus Flores ?

    Pilihannya Flores terlebih dahulu karena  Labuan Bajo atau Manggarai Barat telah ditetapkan pemerintah pusat sebagai salah satu dari 10 destinasi utama pariwisata di Indoensia. Kita harus bersyukur NTT bisa masuk.

    Saya rasa juga pantas Labuan Bajo ditetapkan sebagai salah satu destinasi, daya dukungnya adalah dari sisi atraktsi kita punya komodo dengan potensi wisata yang dimiliki Kabupaten Manggarai Barat. Akses dari bandara ke komodo tidak lama. Kemudian, hotel dan fasilitas lainnya saat ini suidah sangat lumayan. Dari sisi sumber daya manusia kita harus siap termasuk infrastuktur. Lalu, sebagai destinasi utama, harus ada destinasi pendukung. Itu ada di daerah lain  Artinya wisatawan tidak hanya berkunjung di Labuan Bajo tetapi ke Manggarai hingga Lembata.

    Kami dengar Bapak menggagas Soekarno Week untuk menunjang pertumbuhan pariwisata d Flores . Apa dasar pemikirannya ?

     Betul. Ide ini saya coba lontarkan setelah saya melihat ada Pawai Kebangsaan yang digelar di Ende menjelang 1 Juni. Ada Soekarno Week yang akan kita selenggarkan itu untuk mendukung destinasi utama. Kita beri ruang bagi pencinta Bung Karno untuk  bisa berkunjung ke Ende.

    Kembali ke penyelenggaraan TdF, apa harapan Bapak ke depannya?

    Saya berharap semua pihak mendukungnya dengan ide atau gagasan yang baik. Jadikan ajang ini sebagai event promosi terakbar pariwisata NTT. Dengan event ini NTT pada umumnya dan Flores khususnya semakin mendunia.***


     




    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.