• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 30 November 2021

     
    Home   »  Travel
     
    Dinas Parbud Ende Kembalikan Sisa Dana TdF
    ALEX | Selasa, 14 Juni 2016 | 13:12 WIB            #TRAVEL

    Dinas
    Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ende Derson Duka

     

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Ende mengembalikan sisa dana penyelenggaraan Tour de Flores (TdF) 2016 sebesar Rp 300 juta ke kas daerah mellaui Dinas PPKAD setempat dari dana Rp.1,2 Miliar.


    Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ende Derson Duka kepada wartawan di Ende ,Senin (136) kemarin.

     

    Menurutnya, dana tersebut sudah dikembalikan pada 10 Juni 2016.Dia juga mengapresiasi karena adanya kontrol dari masyarakat terhadap penggunaan anggaran untuk TdF tersebut.


    " Kami sudah atur dana tersebut sesuai dengan peruntukan dan porsinya. Sisa dananya suidah  dikembalikan sesuai dengan SPJ (Surat Pertanggung Jawaban) ke Dinas PPKAD.Prinsip kami kalau bisa hemat kenapa mesti dihabiskan,"tegas mantan Kadis Perkebunan dan Kehutanan.


    Dia mengatakan, dana-dana yang berasal dari APBD maupun APBN sudah dibuat SPJ- nya dan ini berguna juga sebagai bahan evaluasi serta pertanggungjawaban anggaran kepada pihak berwenang.


    "Ini uang rakyat dan terkait dengan pemanfaatannya kami mesti sampaikan kepada yang memberi mandat.Kami  siap memberikan penjelasan dan pertanggungjawaban kepada DPRD Kabupaten Ende sebagai pemilik hak anggaran kapanpun diundang,” paparnya.


    Sementara itu pihaknya juga akan meminta inspektorat untuk turun melakukan audit terhadap penggunaan dana untuk TdF ini.Dia mengakui berkaitan dengan hal ini dirinya sudah bertemu dengan Sekda Ende dan menyampaikan permintaan ntuk diaudit.


    "Saya sudah ketemu Pak Sekda dan menyampaikan agar Inspektorat turun memeriksa dana TdF.Permohonan ini sudah diumumkan Pak Sekda pada kegiatan evaluasi kinerja Semester Pertama tahun 2016 dilantai II kantor Bupati hari kamis. 9 Juni 2016," katanya.


    Dia menjelaskan, permintaan audit agar masyarakat tidak salah persepsi terkait penggunaan dana untuk TdF yang diambil dari SILPA tahun anggaran 2015.


    Ketua DPRD Ende Herman Yoseph Wadhi ditemui di ruang kerjanya,Senin(13/6) mengatakan DPRD akan segera memanggil Dinas Pariwisata terkait dengan pertanggung jawaban terhadan anggaran TdF. Meski demikian sebutnya, pemanggilan tersebut merupakan hal yang rutin untuk setiap SKPD termasuk Dinas Pariwisata.

    "Mekanisme pertanggungan jawabnya jelas yakni pertanggung jawaban intern. Yang saya maksud internal dari Inspektorat atau BPKP baru sesudah itu pihak DPRD yang memiliki Hak Angaran" kata Hery Wadhi.

     

    Sebelumnya Direktur Pusat Kajian Advokasi Masyarakat (PUSAM) NTT Khasimirus Bharaberi mendesak agar DPRD Ende segera memanggil Kadis Pariwisata dan Kebudayaan untuk mempertanggungjawabkan penggunaan dana untuk TdF.Sebab,dana yang diambil dari SILPA 2015 harus dipertnggungjawabkan ke publik .***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.