• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Rabu, 24 Oktober 2018

     

     
    Home   »  Pemilu
     
    Pemilu Kada Tiga Daerah Telan Dana Rp71,899 Miliar
    ALBERT VINCENT REHI | Kamis, 16 Juni 2016 | 12:39 WIB            #PEMILU

    Pemilu
    Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe

     

    KUPANG, FLOBAMORA.NET -  Pelaksanaan pemilu kepala daerah (Kada) tiga daerah tahun 2017 yakni Kota Kupang, Flores Timur dan Lembata menelan dana Rp71, 899 miliar lebih. Penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah pun telah dilakukan antara KPU dan Pemerintah Daerah penyelenggara pemilu kada.

     

    Ketua KPU NTT, Maryanti Luturmas Adoe dalam rapat dengar pendapat dengan unsur pimpinan DPRD NTT, Selasa (14/6) lalu menguraikan, kebutuhan anggaran untuk tiga daerah sebesar Rp71, 899 miliar lebih itu terdiri dari Kota Kupang Rp23, 414 miliar lebih, Flores Timur Rp25, 818 miliar lebih, dan Lembata Rp22, 666 miliar lebih.

     

    “KPU tiga daerah sudah mulai cair dana yang dialokasikan untuk tahapan pemilu kada yang sudah mulai dijalankan,” kata Tanti.

     

    Dia menyampaikan, tahapan lain yang telah dilaksanakan yakni pada 22 Mei lalu, KPU tiga daerah menetapkan syarat dukungan minimal bagi pasangan calon perseorangan. Untuk Kota Kupang, sebanyak 22. 417 pemilih yang tersebar minimal di tiga kecamatan. Flores Timur sebanyak 15. 579 pemilih yang tersebar minimal di 10 kecamatan. Sedangkan Lembata sebanyak 7. 241 pemilih yang tersebar minimal di lima kecamatan.

     

    Tanti mengatakan, KPU tiga daerah penyelenggara pemilu kada 2017 pun sudah melakukan pengumuman pendaftaran pemantau pemilihan. Pendaftaran pemantau dapat dilakukan pada 1 Juni sampai 20 Juli. Selain itu, KPU tiga daerah juga sedang menyiapkan rekruitmen calon anggota PPK dan PPS yang akan dimulai pada 21 Juni sampai 20 Juli 2016.

     

    Ketua KPU Kota Kupang, Marianus Minggo mengatakan, Kota Kupang masuk dalam 101 daerah di Indonesiia yang menggelar Pemilu Kada serentak tahap kedua pada 15 Februari 2017. Sesuai amanat undang- undang, KPU Kota Kupang secara hirarkis telah diinstruksikan untuk melaksanakan tahapan pemilihan yang berjumlah kurang lebih 103 kegiatan, baik tahapan persiapan maupun tahapan penyelenggaraan.

     

    Marianus menyampaikan, untuk calon perseorangan Pemilu Kada Kota Kupang 2017, minimal mendapat dukungan 22. 417 pemilih yang tersebar di atas 50 persen jumlah kecamatan. Jumlah minimum 22. 417 pemilih itu merupakan 8, 5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Kupang pada pemilihan Presiden tahun 2014 sesuai Surat Keputusan KPU nomor 24 tahun 2014 tentang DPT yakni sebanyak 263. 719 pemilih.

     

    Dia menambahkan, calon perseorangan yang memenuhi syarat jumlah dukungan minimum, menyerahkan dokumen kepada KPU untuk diferivikasi. Dokumen tersebut terdiri dari hardcopy dan juga softcopy.

     

    “Diharapkan, pasangan calon perseorangan terus berkoordinasi dengan pihak KPU sehingga bisa mengetahui secara jelas hal- hal yang diperlukan dalam pemenuhan syarat pencalonan,” katanya.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
    BACA JUGA
       
       

      KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

       
      KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
        0 komentar

      KIRIM KOMENTAR
      Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
       



      Copyright © 2013-2018 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.