• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Kamis, 16 Juli 2020

     
    Home   »  Gaya Hidup
     
    Kebiasaan Main Ponsel Sambil Tidur Bisa Bikin Buta?
    ANA DEA | Jumat, 24 Juni 2016 | 18:55 WIB            #GAYA HIDUP

    Kebiasaan
    Ilustrasi

     

     

    FLOBAMORA.NET - Dua orang wanita dilaporkan mengalami kebutaan sementara akibat sering mengecek ponsel di ruangan yang gelap. Dokter menyarankan kepada pengguna ponsel untuk memastikan selalu melihat layar ponsel dengan kedua mata apabila berada di ruangan yang gelap.



    Laporan tersebut dimuat dalam New England Journal of Medicine, seperti dikutip dari Independent.co.uk, Jumat (24/6/2016).



    Dalam jurnal tersebut, dua orang wnaita berumur 22 dan 40 tahun dilaporkan mengalami “transient smartphone blindness” selama beberapa bulan.



    Wanita tersebut mengeluh sering kehilangan penglihatan hingga selama 15 menit. Setelah melakukan sejumlah pengecekan kesehatan, dokter tidak bisa menemukan penyebabnya.



    Dokter Gordon Plant, dokter spesialis mata di sebuah Rumah Sakit Mata di Moorfield, Inggris mengatakan, "Saya menanyakan, 'apa yang sedang Anda lakukan saat hal ini terjadi?'" jawaban kedua pasien itu sama.



    Menurut dokter Plant, keduanya kerap mengecek ponsel di tempat tidur sambil berbaring miring, dengan satu mata, sementara mata yang satunya lagi tertutup bantal.



    "Jadi satu mata mereka beradaptasi dengan cahaya karena melihat layar ponsel, sementara yang lain beradaptasi dalam gelap," kata dokter Plant.



    Saat ponselnya diletakkan, mereka tidak bisa melihat dengan menggunakan mata yang barusan dipakai melihat layar ponsel. Hal itu terjadi karena mata butuh beberapa menit untuk menyesuaikan dengan mata satunya lagi yang beradaptasi dalam gelap.



    Sementara dokter Rahul Khurana, juru bicara dari American Academy of Ophthalmology mengatakan, hipotesis tersebut menarik utuk dikaji, namun dua kasus tidak cukup untuk dijadikan landasan umum bahwa melihat ponsel di kegelapan dengan satu mata bisa menyebabkan kebutaan sementara.



    Khurana juga meragukan apakah kasus itu juga terjadi pada semua pengguna ponsel.



    Dokter Khurana yang juga mengaku pengguna smartphone berat itu mengaku ia dan istrinya mencoba skenario yang sama, namun justru malah sulit melihat layar ponsel dengan satu mata di kegelapan.



    "Sangat aneh," katanya.


     


    Sumber: tekno.kompas.com
    URL SUMBER
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.