• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Senin, 01 Juni 2020

     

     
    Home   »  Travel
     
    Menunggu Pantai Lasiana Berubah Rupa
    ALBERT VINCENT REHI | Senin, 27 Juni 2016 | 12:52 WIB            #TRAVEL

    Menunggu

     

    Komitmen Pemerintah Provinsi NTT menjadikan kawasan wisata Pantai Lasiana sebagai Ancol Mini mendapat dukungan dari DPRD setempat. Lasiana pun mulai ditata dan dibenahi.

     

    DUKUNGAN tersebut terlihat dengan kunjungan Ketua DPRD NTT Anwar Pua Geno bersama beberapa anggota ke lokasi wisata yang menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kota Kupang pada Selasa 7 Juni 2016.

     

    Lokasi tersebut sejak dua tahun lalu oleh Pemerintah Provinsi NTT melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparektif) dikembangkan menjadi kawasan wahana wisata Lasiana seperti  Pantai Ancol di Jakarta.

     

    Menurut Anwar, dewan dan pemerintah provinsi mempunyai komitemen untuk menjadikan Pantai Lasiana sebagai Ancol Mini karena merupakan satu-satunya aset wisata pantai yang memungkinkan pengembangannya menjadi lebih bagus karena langsung dekat dengan jantung Kota Kupang.

     

    Selain itu, dewan mendorong pembangunan Pantai Lasiana karena perkembanagan Kota Kupang yang kuar biasa pesat serta banyaknya wisatawan lokal dan mancanegara yang mendatangi Kota Kupang untuk berbisnis dan berwisata. Oleh karena itu, pemerintah harus siapkan pusat hiburan, pusat rekreasi publik yang lebih reprensentatif. 

     

    “Dewan mengharapkan lokasi ini dibangun sarana rekreasi secara lengkap dan pengelolaan diharapkan secara profesional sehingga pengembangan, perawatan dan perbaikan dapat dilakukan secara mandiri,” ujarnya.

     

    Untuk mewujudkan Lasiana menjadi Ancol Mini Anwar mengharapkan, Komisi 2 DPRD bersama Dinas Parektif melakukan studi banding di luar daerah atau ke Ancol atau pusat-pusat wisata pantai lainnya sehingga mampu dikembangkan sesuai kemampuan anggaran, luas wilayah dan situasi kondisi di NTT dan menghasilkan desain yang terintegrasi sesuai pentahapanya.

     

    "Ini yang harus dilakukan sehingga ada perubahan. Kalau tidak ada pemahaman dan konsep pembangunan kawasan wisata berbasi pantai tidak akan bisa berkembang, " tambahnya.

    Kepala Dinas Pariwasata dan Ekonomi Kreatif (Disparketif) NTT,  Marius Ardu Jelamu, mengatakan, pasca pengembangan kawasan wisata Pantai Lasiana akan diserahkan kepada pihak ketiga untuk mengelolanya."Kita akan memberikan kepada pihak swasta yang mengelola agar profesional dan berorientasi bisnis, “ tambahnya.

     

    Untuk menggapai cita-cita mewujudkan Pantai Lasiana diubah menjadi Ancol Mini atau menjadikan kawasan pariwisata modern maka menurut Jelamu, dibutuhkan alokasi anggaran yang besar sehingga bisa dikembangkan sebagai kawasan industri modern.

     

    Ihwal pembangunan Pantai Lasiana,  Sekretaris Dinas Parektif Provinsi NTT, Welly Rohi Mone, mengatakan, pembangunan kawasan wisata pantai Lasiana dibangun dalam dua tahap menggunakan anggaran dari APBD satu di tahun anggaran 2015 dan 2016.

     

    Untuk anggaran tahun 2015 sebesar 4,4 Miliar telah dibangun Panggung Terbuka, Pos Jaga, Kamar Mandi dan WC, Pagar, Lopo, Tanggul Pengaman, Jalan Setapak, Instalasi Listrik, Tempat Parkir, Tandon Air, Gapura, dan Permainan Anak. 

     

    Sedangkan untuk anggaran tahun 2016 sebesar 4,4 milliar dibangun Kantor Pengelola, Labirin Kaca, Restorann, Gedung peralatan laut, Kamar Mandi dan WC, Menara Pengawas, Pagar, Flayingfox, Panjat Tebing dan Saluran air.

     

    Welly juga menyampaikan untuk mewujudkan harapan menjadikan kawasa wisata Pantai Lasiana seperti Ancol membutuhkan anggaran yang besar. Oleh karena itu dia mengharapkan adanya intervensi anggaran untuk mencapai harapan ini. Mudah-mudahan mimpi untuk menjadikan Pantai Lasiana sebagai Ancol Mini di NTT bisa terwujud.***

     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.