• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Minggu, 25 Oktober 2020

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Uskup Agung Ende Ajak OMK jadi Rasul Kerahiman Ilahi
    ALEX | Selasa, 12 Juli 2016 | 07:22 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Uskup
    misa penutupan EYD, Minggu 10 Juli 2016

     

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Uskup Agung Ende, Mgr Vinsensius Sensi Potokota mengajak Orang Muda Katolik (OMK) se - Kevikepan Ende untuk menjadi Rasul Kerahiman Ilahi.

     

    Ajakan Uskup Sensi ini saat menutup acara Ende Youth Day(EYD) atau Hari Orang Muda Katolik Tingkat Kevikepan Ende yang berlangsung dari 6 hingga 10 Juli 2016.


    Penutupan EYD ini dilaksanakan melalui Perayaan Ekaristi meriah yang dihadiri ribuan OMK di Kevikepan Ende , Minggu (107) di Gereja ST Yoseph Freinadmetz Mautapaga Ende.

     

    Uskup Sensi mengatakan, menjadi Rasul Kerahiman berarti  menjadi rasul belas kasih dengan melalui langkah positif


    "Menjadi rasul artinya melalui  aksi nyata mengabdikan energi yang diberi Tuhan  untuk kebaikan,dimana  mimpi dan cita-cita  Tuhan di dunia ini diwujud nyatakanl,” katanya.

     

    Dia mengatakan, OMK dipanggil jadi rasul  dengan  penuh kesadaran.Karena itu  seorang OMK  harus bertolak dari  keyakinan untuk memberi potensi dan kemampuan untuk diekspolorasi sebagai kekuatan dan diabadikan secara tepat dan benar.


    "Saya percaya proses temu OMK untuk  memperkaya meski masih dalam proses untuk  mewartakan .Dengan bertemu saling meneguhkan semuanya , bukan hanya untuk gereja tapi juga untuk masyarakat dunia," ujarnya.


    Menurutnya, OMK telah menjadi Rasul Kerahiman dan hal ini berarti OMK menjadi rasul  cinta.Cinta, sambungnya, sebagai. energi utama. Karena itu dia menegaskan energi utama itu tidak dicari di langit tetapi energi cinta itu ada di dalam hati.


    "Artinya cinta menjadi pegangan dan senjata untuk  mewartakan kerahiman Allah. Dan tanda terbesar cinta Allah  adalah Yesus. Karena Dia  adalah tokoh dan segalanya firman Allah  yang menjadi segala sesuatu," paparnyai.


    Uskup Sensi juga berpesan kepada OMK,  agar masalah, tantangan serta  peluang dan  niat yang ditemukan saat diskusi dan sharing bersama bisa menjadi tolok ukur perjuangan OMK kedepan. Karena sebagai Uskup dirinya menjadi yakin dan percaya karena semuanya berasal dari lubuk hati OMK.


    "Saya yakin ungkapan keiklhasan  kaum muda hasil pergumulan dalam persaudaraan dan dalam iman. Sebagai uskup saya  dukung dan berdoa semoga temuan itu akan menjadi indah dalam buah berkah kerahiman yang diwartakan dan dihayati dalam diri sebagai OMK. secara  pribadi  dan sebagai komunitas,"kata dia.


    Dia juga berharap OMK bisa ciptakan suasana rekflektif, pribadi yang berbobot, pribadi yang relektif,bukan kebersamaan  rekrekatif tapi reflektif dan jadikan peritiwa hidup sebagai kekayaan yang direfleksikan.


    Sementara itu RD Reginaldo Piperno, dalam membacakan resume kegiatan OMK mengatakan ada beberapa kendala yang dihadapi OMK dewasa ini.Kendala untuk bergabung menjadi OMK, kendala berhadapan dengan raus globalisasi akibat perkembangnan IT sehingga orang muda enggan bergabung dalam wadah OMK.


    Menanggapi hal itu tekad dan niat untuk kedepannya sudah dilakukan menjawabi permasalahan tersebut. Dalam laporannya dia mengatakan berbagai persoalan kemasyarakatan juga dibicarakan khususnya menyangkut OMK dan khususnya masalah orang muda.

     

    Dia menyebutkan masalah narkoba,seks bebas, HIV/AiDS, minuman beralkohol, aborsi dan pernikahan dini serta beda agama juga dibahas.


    Selain  itu juga, terkait  kehidupan rohani kaum muda yang mesti terus dibimbing oleh pastor pembimbing maupun pendamping. Karena itu salah satu tekad adalah niat untuk menjauhkan hal-hal tersebut dan ini ditandai dengan pembacaan pernyataan sikap yang mewakili OMK.

    Terpisah Ketua Panitia EYD Heribertus Gani mengatakan tercatat 1.110 pemuda di lingkup Kevikepan Ende mengikuti kegiatan tersebut atau hari orang muda tahun 2016. Yang menjadi tuan rumah adalah Paroki Mautapaga dan para peserta diinapkan di keluaraga asuh.

    "Disamping kegiatan pendampingan rohani, juga digelar bakti sosial, kunjungan ke panti asuhan dan pementasan drama tentang kerahiman" kata Hery Gani.

     

    Usai penutupan dilanjutkan proses salib menuju Gereja Kathedral dan sealnjutnya prosesi keseluruh gereja di kevikepan Ende dan salib yag sama akan ditahktakan pada acara Indonesia Youth day yang berlangsung di Manado.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2020 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.