• LINTAS FLOBAMORA
  • NASIONAL
  • INTERNASIONAL
  • LIFESTYLE
  • TRAVEL
  • BOLA
  • OPINI
  • REDAKSI
  • HUBUNGI KAMI
  • REGISTER     LOGIN      BANTUAN
    REGISTER     LOGIN      BANTUAN

    Selasa, 30 November 2021

     
    Home   »  Lintas Flobamora
     
    Cuaca Buruk, Lima Perahu Nelayan Tenggelam
    ALEX | Rabu, 20 Juli 2016 | 13:24 WIB            #LINTAS FLOBAMORA

    Cuaca
    Mursalim pemilik perahu moto saat menerima bantjan dari BPBD Kabupaten Ende

     

     

    ENDE, FLOBAMORA.NET - Angin kencang dan gelombang tinggi yang melanda perairan Kabupaten Ende dalam sepakan terakhir, membuat para nelayan setempat tidak melaut. Mereka cuma membersihkan jala dan memperbaiki perahu motor.


    Informasi lain menyebutan, akibat cuaca buruk, lima perahu di Pantai Bitta hanyut dan tenggelam. Kepada mereka yang perahu motornya tenggelam dan hanyut, Pemerintah Kabupaten Ende telah menyalurkan bantuan darurat yang diserahkan, Selasa (19/7) oleh Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ende Gulderfus Woi.


    Seperti yang disaksikan, para korban mendapatkan bantuan beras sebanyak 160 kg dan makanan siap saji.  Kepada para korban Woi mengatakan, bantuan ini hanya merupakan bantuan tanggap darurat untuk memenuhi kebutuhan hidup akibat tidak melaut karena tenggelmnya perahu motor mereka.


    Sementara perahu motor yang hilang dan tenggelam merupakan milik warga pantai selatan yang kesehariannya mengangkut penumpang dari Ende menuju Nila, Kekasewa, Ngaluroga.


    Kedua perahu motor yang tenggelam itu masing-masing Perahu Motor Syukur milik Bartolomeus dan Safari milik Gregorius. Kedua perahu tersebut berkapasitas 2 GT dan 4 GT.


    Sedangkan salah satu perahu nelayan yang ikut tenggelam milik Mursalim, Kelurahan Mautapaga,  Kecamatan Ende Timur.


    Mursalim pemilik perahu motor yang ditemui saat penyerahan bantuan mengatakan akibat tenggelam perahu motornya dia mengnalami kerugian sekitar Rp 100 juta lebih.

     

    Dia menyebutkan, perahu motor 5 GT , pukat serta peralatan tangkap hilang dan tenggelam bersama perahu 150 meter dari bibir pantai dengan kedalaman 20 meter.


    Mursalim juga menceritakan kronologis tenggelamnya perhu motor miliknya. Dia menjelaskan, kapalnya tenggelam saat ombak besar dan angin kencang pada Jumad (15/7). Saat itu dia menambatkan perahunya di Pantai Bitta. Dia sendiri tidak menyadari karena gelombang datang tiba-tiba. Dia sendiri tidak berada di lokasi dan ketika tiba di tempat itu mendapatkan perahu motornya sudah tenggelam.


    "Angin dan ombak sangat kencang pada hari Jumat lalu, perahu motor yang saya labuhkan di Bita tenggelam dan rencananya BPBD seta nelayan di sini akan tarik keluar,"kata Mursalim.

     

    Dia berharap, selain mendapatkan bantuan darurat juga bantuan perahu motor.


    Sementara itu salah seorang anggota DPRD. Ende Abdul Kadir Hasan Mosa Basa  yang juga berada di lokasi penyerahan bantuan berharap, Pemerintah Daerah segera membantu para nelayan, bukan saja berupa makanan siap saji tapi juga melakukan evakuasi bangkai perahu motor.


    "Kami berharap pemerintah segera tanggap untuk membantu nelayan dengan mengevakuasi bangkai kapal dan memberikan bantuan lainnya," ujar Kadir.


    Seperti yang disaksikan, selain memberikan bantuan, BPBD Kabupaten Ende juga bersama nelayan setempat akan mengevakuasi perahu motor. Terlihat mereka masih menunggu gelombang cukup tenang untuk mengevakuasi.


    "Kita akan lakukan evakuasi bangkai perahu ini sambil menunggu ombaknya tenang. Kita hanya bisa lakukan untuk yang ada di pantai Bitta saja sementara perahu motor  penumpang yang di Nila tidak bisa kita lakukan karena keterbatasan sarana," tambah Woi.


    Kata dia, untuk kedua perahu nelayan yang keseharian mengangkut penumpang tidak bisa dievakuasi karena tenggelamnya di kedalaman lebih dari 50 meter dan jaraknya dari bibir pantai cukup jauh.


    "BPBD  sarananya terbatas dan tidak bisa bantu evakuasi. Karena itu yang kita lakukan hari ini cuma yang ada di Pantai Bitta," ujar dia.***


     
    BERITA TERKAIT
     
     
     
     

    KOMENTAR ANDA                                                             Pedoman Mengirim Komentar

     
    KOMENTAR VIA WEBSITE                                             Pedoman Mengirim Komentar
      0 komentar

    KIRIM KOMENTAR
    Silakan LOG IN untuk memberi komentar.
     



    Copyright © 2013-2021 by FLOBAMORA NETWORK. All rights reserved.